Senin 23 Agustus 2021, 20:25 WIB

Menkes Diperintahkan Kejar Vaksinasi 100 Juta Dosis Dalam Seminggu

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Menkes Diperintahkan Kejar Vaksinasi 100 Juta Dosis Dalam Seminggu

BIRO PERS SETPRES/LUKAS
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi meninjau pelaksanaan vaksinasi

 

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan Menteri Kesehatan untuk melipatgandakan vaksinasi covid-19 seiring dengan pembukaan aktivitas masyarakat pada PPKM Level 3. Presiden memberi target vaksinasi pada Agustus ini harus mencapai 100 juta dosis.

"Dalam beberapa hari terakhir saya melihat cakup vaksinasi juga terus meningkat dan saat ini 90,59 juta dosis vaksin sudah disuntikkan. Saya minta kepada Menteri Kesehatan sampai akhir Agustus ini kita harus bisa mencapai penyuntikan lebih dari 100 juta dosis vaksin," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka Jakarta, Senin (23/8) malam.

Dalam kesempatan itu, Presiden mengumumkan PPKM sejumlah wilayah di Pulau Jawa dan Bali turun dari Level 4 ke Level 3. Daerah bisa menerapkan PPKM Level 3 yakni Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, dan beberapa kabupaten/kota lain.

Penurunan level di daerah-daerah itu karena kasus covid-19 yang menurun, tingkat kesembuhan tinggi, dan keterisian tempat tidur rumah sakit atau BOR berkurang.

Baca juga: Presiden Umumkan PPKM Beberapa Daerah Jawa-Bali Turun ke Level 3

Presiden meminta perbaikan situasi covid-19 saat ini tetap harus kita disikapi dengan hati-hati dan penuh kewaspadaan. Pembukaan kembali aktivitas masyarakat tetap harus dilakukan tahap demi tahap seiring dengan peningkatan protokol kesehatan, testing dan tracing yang tinggi, serta cakupan vaksinasi yang semakin luas.

"Hal-hal tersebut perlu dilakukan agar pembukaan kembali aktivitas masyarakat tidak berdampak pada peningkatan kasus," ucap Jokowi.

Presiden juga menyampaikan keterlibatan TNI dan Polri dalam melakukan tracing kasus covid-19 turut berkontribusi terhadap peningkatan angka rasio kontak erat. Pada 20 Agustus 2021 rasio kontak erat mencapai 6,5 per kasus positif atau jauh meningkat dibanding pada 31 Juli 2021 yang berada pada posisi 1,9 per kasus.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA/MUHAMMAD IQBAL

DPR Pesimistis Usulan Biaya Haji 2023 ada Penurunan

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 06 Februari 2023, 19:05 WIB
Iskan menyebut sejauh ini pembahasan soal desain anggaran perjalanan haji masih...
Ist/Sinar Mas Land

Pelatihan Program Berantas Buta Al-Qur’an 2022 Dikuti 150 Ustaz dan Guru Ngaji

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 18:17 WIB
Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land memberikan pelatihan atau Training of Trainers (ToT) cara cepat membaca...
Ist/Sinar Mas Land

Yayasan Muslim Sinar Mas Land Gelar Program Berantas Buta Al-Qur’an

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 18:09 WIB
Di bulan suci ini, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) menginisiasi sebuah program cara cepat membaca...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya