Jumat 30 Juli 2021, 21:36 WIB

Kapan Anda Harus Mengganti Furnitur?

mediaindonesia.com | Humaniora
Kapan Anda Harus Mengganti Furnitur?

ANTARA
Furnitur

 

JELAS, ada beberapa furnitur yang dapat bertahan selama berabad-abad. Jika tidak, kita tidak akan menemukan toko barang antik. Tapi, apakah furnitur Anda akan bertahan selama itu?

Mungkin tidak, karena meskipun furnitur tidak memiliki tanggal kedaluarsa seperti makanan kemasan. Sebagian besar konsumen tidak membeli perabot rumah dengan perencanaan furnitur tersebut akan bertahan selamanya. Perubahan selera dan banyaknya pilihan kisaran harga furnitur bersatu untuk menciptakan umur furnitur.

Panjang usia sebuah furnitur bervariasi dalam beberapa tahun dan sangat tergantung pada bahan yang digunakan, konstruksi, waktu penggunaan sehari-hari, dan perawatan yang dilakukan selama penggunaan furnitur. Sofa di ruang keluarga dengan anak kecil, remaja, dan banyak hewan peliharaan, tidak akan bertahan lama seperti sofa di ruang tamu formal.

Bagaimana Cara Anda Tahu Saatnya untuk Mengganti Furnitur Baru?

Sofa
Jika sofa berdecit, bantal mengempis, dan semua penyangga pinggang hilang, saatnya untuk mengganti sofa baru. Pelapis yang bernoda, bau, mengelupas, atau sobek adalah tanda-tanda bahwa diperlukan penggantian sofa atau setidaknya penggantian pelapis baru.

Kursi kayu
Baik kursi ruang makan atau kursi ruang tamu dengan material, kayu harus diganti saat kakinya goyah atau kayu mulai lapuk. Jika joknya berlapis, pelapisnya dapat diganti dengan mudah selama rangka kursinya masih kokoh.

Kursi kantor
Jika kursi kantor Anda digunakan selama 40 jam per minggu, maka dapat bertahan sekitar tujuh hingga 10 tahun. Umur kursi akan tergantung pada material  kursi tersebut, apakah terbuat dari kayu solid, logam, atau plastik dan dilapisi kulit atau kain.

Anda akan tahu waktunya untuk menggantikan dengan kursi baru ketika pelapis menjadi usang dan kursi tidak nyaman untuk diduduki karena tidak ada penyangga pinggang.

Meja ruang makan
Penggantian meja biasanya dilakukan saat penyesuaian jumlah pengguna meja makan ataupun saat penyesuaian luas ruangan.

Tempat tidur
Jika rangka tempat tidur mulai berderit, itu pertanda bahwa Anda harus segera menggantinya. Bingkai tempat tidur baru dapat dipasang ke kepala tempat tidur lama Anda, karena biasanya bertahan lebih lama dari bingkai tempat tidurnya. Tempat tidur ini sendiri sering diganti seiring dengan pertumbuhan anak-anak dari balita menjadi remaja dan membutuhkan ukuran yang lebih besar.

Matras
Kasur Anda mungkin adalah perabot yang paling sering digunakan di rumah. Ini harus diganti ketika mulai kendur, memiliki bau yang kuat, dan tidak lagi memberikan dukungan tidur malam yang nyenyak tanpa sakit punggung.

Lemari laci atau meja rias
Semua jenis unit penyimpanan laci harus diganti jika rangka tidak lagi kokoh dan laci tidak lagi dapat dibuka dan ditutup dengan mudah.

Furnitur teras
Baik yang terbuat dari rotan, plastik, atau logam, furnitur teras harus diganti jika sudah tidak stabil dan tidak mampu menopang berat orang dewasa. Anda dapat memperpanjang umur furnitur dengan menjauhkannya dari sinar matahari langsung, membersihkannya secara rutin, dan menyimpannya dengan baik selama musim hujan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kapan Anda harus mengganti furnitur. Anda bisa temukan berbagai jenis furnitur dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Seperti, harga oven dan harga kursi makan yang mereka jual hanya mulai dari Rp200.000 dan Rp400.000 saja loh. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan! (RO/OL-10)

Baca Juga

AFP

Prediksi Sebelum Munculnya Omicron, Gelombang ke-3 bisa Capai 400 Ribu Kasus

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Senin 29 November 2021, 18:19 WIB
Tingkat penularan yang diinput sebesar 40 hingga 50 persen. Dewi mengeklaim skenario tersebut dibuat sebelum muncul temuan virus...
AFP

Umrah Uji Coba Segera Diberangkatkan, Pesertanya Pimpinan PPIU

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 29 November 2021, 16:53 WIB
Pemberangkatan ujicoba dengan memberangkatkan para pimpinan penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU), tujuannya agar setiap PPIU...
Ist

Dukung Indonesia Menuju Net Zero Carbon dengan Tanam Pohon Trembesi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 16:04 WIB
Menurut Dr. Ir. H. Endes N. Dahlan,  trembesi dapat menyerap CO2 sebesar 28.5 ton/pohon/ tahun dibandingkan dengan pohon akasia yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya