Senin 19 Juli 2021, 13:13 WIB

Mahfud Imbau Masyarakat Shalat Idul Adha di Rumah

Cahya Mulyana | Humaniora
Mahfud Imbau Masyarakat Shalat Idul Adha di Rumah

DOK KEMENKO POLHUKAM
Menkopolhukam Mahfud MD

 

MENTERI Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menghimbau umat Islam untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1442 Hijiriah di rumah masing-masing. Ia juga menekankan penyembelihan hewan kurban dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Mari kita rayakan sesuai situasi dan kondisi, yaitu situasi Covid-19, oleh sebab itu kita tidak melakukan kerumunan. Sebaiknya shalat dilakukan di rumah masing-masing sebagaimana fatwa lembaga keagamaan. Penyembelihan kurban juga silakukan dengan protokol kesehatan agar menjaga diri kita dan diri orang lain,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (19/7).

Mahfud menjabat Koordinator Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Penanganan Pandemi Virus Korona sebagaimana diatur dalam Inpres No. 6/2020 tentang Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Penanganan Covid-19. Ia pun menekankan imbauan itu sesuai juga dengan hasil pertemuan Wakil Presiden Maruf Amin pada Minggu, (18/7) dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sejumlah ormas Islam.

Baca juga: Jakarta belum Layani Kremasi Jenazah Covid-19

“Ritual menyembelih korban ada aspek spiritual dalam rangka taqorrub, mendekat kepada Allah. Karena itu kalau kondisi membatasi kita berkerumun, mari kita taqorrub, berkorban untuk mendekat kepada Allah, agar diberi bimbingan, diberi kesehatan, dan dihindari dari Covid-19,” paparnya.

Sebelumnya pada Jumat, (16/7), Mahfud juga telah bertemu dengan sejumlah tokoh agama secara daring. Dalam pertemuan itu Mahfud mengajak lembaga-lembaga keagamaan dan tokoh agama berperan aktif bersama pemerintah dalam menangani pandemi.

"Uama dan tokoh agama memiliki peran penting dalam kampanye melawan pandemi," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kapasitas Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Polri masih Lemah

👤Atalya Puspa 🕔Senin 06 Desember 2021, 13:08 WIB
Kasus tersebut harus menjadi cerminan bagi pemerintah agar memperkuat kapasitas dan kewenangan unit pelayanan perempuan dan anak di...
DOK JW MARRIOT

SBCO Meriahkan Suasana Natal di JW Marriott Hotel Surabaya 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 13:04 WIB
SBCO didesain dengan suasana elegan dan santai dibalut dengan paduan warna greent mint yang...
Dok. Korea Foundation

Korea Foundation akan Gelar Seri Kuliah Post Human & Art

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:42 WIB
Kuliah itu dirancang untuk memotivasi ide dan wacana baru tentang seni rupa di era pasca-manusia dengan mengundang para ahli, seperti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya