Jumat 16 Juli 2021, 13:10 WIB

Ringankan Beban Warga, Baik Hati dan Relawan Salurkan Ribuan Paket Sembako

mediaindonesia.com | Humaniora
Ringankan Beban Warga, Baik Hati dan Relawan Salurkan Ribuan Paket Sembako

Ist
Tim Baik Hati, komunitas, dan artis membagikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak pandemi dan warga yang sedang isoman di Jakarta.

 

ANGKA kasus positif covid-19 semakin tinggi setiap harinya. Pada Kamis (15/7), kasus positif mencapai rekor tertinggi dan mencapai 56.757 kasus.

Situasi yang semakin mengkhawatirkan ini juga menyimpan banyak cerita pilu.Terutama bagi masyarakat miskin yang minim akses. 

Setiap harinya, Baik Hati menerima lebih dari 1.000 laporan warga kurang mampu untuk meminta bantuan sembako dan mereka yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Dengan tim relawan dan stok bantuan yang terbatas, Baik Hati memvalidasi satu per satu laporan tersebut yang mayoritas berasal dari warga DKI Jakarta.

“Kami menerima ribuan pengajuan bantuan dari warga setiap hari. Baik warga kurang mampu terdampak pandemi atau yang sedang isoman," ujar Saptana, Perwakilan Tim Baik Hati dalam keterangan pers, Jumat (16/7).

"Namun sumber daya kami terbatas, sehingga kami membuka bagi para relawan dan donatur yang ingin membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan di tengah keterbatasan ini,” jelas Saptana.

Bantuan kali ini berasal dari beberapa pihak yaitu 1.000 paket sembako hasil donasi dari #SahabatBaik ke Baik Hati, 1.000 paket sembako dari komunitas BerbaGi Jakarta, dan 2.000 paket nasi siap makan dari penyanyi Dewi Persik. 

“Aku sedih melihat situasi sekarang. Dan satu hal yang bisa aku lakukan adalah ini. Menyisihkan sedikit rezeki untuk saudara-saudaraku yang kurang mampu. Aku ajak juga temen-temenku untuk ikut berbagi dan menyaksikan langsung kondisinya seperti apa,” ucap Dewi Persik

Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, Dewi Persik ditemani oleh Selebgram Lucinta Luna dan Gina Youbi (penyanyi) ikut terjun langsung membagikan paket sembako, dan nasi kotak siap makan kepada warga Kampung Sawah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Komunitas BerbaGi dan Baik Hati memiliki semangat yang sama, yaitu gotong royong, kerja sama untuk membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan bantuan di tengah pandemi ini. Maka kami berkolaborasi untuk menyalurkan setiap donasi kepada pihak-pihak yang tepat,” Ucap Relawan Komunitas BerbaGi Jakarta, Veri Rusmanto. 

Penyaluran bantuan kali ini dilakukan pada Jumat (16/7) di lima wilayah DKI Jakarta di antaranya di daerah Warakas (Jakarta Utara), Senen (Jakarta Pusat), Kampung Sawah, Kebayoran Baru (Jakarta Selatan), Jatinegara (Jakarta Timur), dan Cengkareng (Jakarta Barat).

Sebanyak 1.110 paket telah disalurkan kepada warga yang mengirimkan pesan ke WhatsApp Bot baikhati.id di DKI Jakarta dan ribuan lainnya disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia oleh Tim Relawan Baik Hati dalam dua hari terakhir.

Daerah yang mendapat bantuan sembako di antaranya di wilayah Bekasi, Banten, Gresik, Jawa Timur dan Jawa Tengah yang meliputi Semarang, DIY, Bantul, Pekalongan, Banyumas, Banjarnegara, dan Pemalang. Serta Jawa Barat, bantuan telah disalurkan ke warga Kuningan. 

“Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah berdonasi dan warga yang telah melaporkan kondisinya kepada kami. Baik Hati terus membuka diri untuk kolaborasi dan kerja sama yang baik dengan semangat saling membantu sesama di tengah pandemi ini,” tutup Saptana.

Dari Kamis (15/7) hingga Jumat (16/7), total bantuan yang sudah disalurkan Baik Hati di seluruh Indonesia yaitu 5000 paket sembako, 2500 paket isoman, dan 2000 nasi kotak siap makan. Serta masih tersedia 3000 paket sembako yang akan disalurkan dalam beberapa hari kedepan.

Baik hati terus membuka pintu dan menyambut baik pihak manapun untuk berkolaborasi peduli kepada masyarakat.

Sahabat dapat memberikan donasi melalui tautan s.id/BaikHati. Semoga langkah ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan. (RO/OL-09)
 

Baca Juga

MI/Ardi T H

UGM Luncurkan Beasiswa Dato Dr. Low Tuck Kwong-PYC

👤Ardi T Hardi 🕔Minggu 19 September 2021, 07:20 WIB
 DARI donasi Dato Dr.Low Tuck Kwong Rp50 miliar sebagai dana Abadi untuk dikelola UGM agar dapat memberikan beasiswa bagi mahasiswa...
Antara

Nilai Literasi Digital Indonesia 3,47 Poin, Ini Artinya

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 19 September 2021, 07:00 WIB
Indonesia mencatatkan nilai literasi digital 3,47 dari skala 1-4 atau...
Dok. Pribadi

Sekolah Diminta Optimalkan TIK dalam Pembelajaran

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 19 September 2021, 01:43 WIB
Selain untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, TIK dapat dioptimalkan untuk menciptakan manajemen sekolah yang efektif dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya