Rabu 14 Juli 2021, 21:17 WIB

Nadiem Minta Guru Berpikir Kritis dan Berani Ambil Risiko

Mediaindonesia | Humaniora
Nadiem Minta Guru Berpikir Kritis dan Berani Ambil Risiko

MI/AGUS M
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim

 

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan guru merupakan kunci utama dalam mengubah sistem pendidikan di Indonesia.

“Dengan demikian bisa mempersiapkan generasi bangsa yang berdaya saing tinggi,” ujar dia dalam webinar yang dipantau di Jakarta, hari ini.

Dia juga menitikberatkan pentingnya kebiasaan untuk berpikir kritis serta mendorong masyarakat maupun institusi pendidikan dengan cara luar biasa agar siswa dapat memiliki kemampuan berpikir kritis.

“Kita mungkin belum mengerti karena belum ada yang pernah menjelaskan dengan cara yang lugas, jelas, dan sederhana. Itu juga suatu hal yang sangat membantu. Penyederhanaan dari pada konten untuk bisa benar-benar mudah dimengerti,” tambah dia.

Nadiem juga berpesan pada para guru untuk menomorsatukan murid dan apa yang murid butuhkan. Kondisi itu dapat digunakan sebagai prinsip dasar dalam melakukan semua hal.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Skenario Penanganan Covid-19 Hingga 60 Ribu Kasus Per Hari

“Jangan pernah percaya orang yang bilang kepada anda bahwa kita tidak boleh mengambil risiko di dalam pendidikan. Tidak ada yang namanya inovasi atau kreativitas tanpa mengambil risiko, tanpa mencoba hal-hal yang baru. Guru di seluruh Indonesia harus menjadi salah satu inovator terbesar. Dia harus terus mencoba hal-hal yang baru, belajar hal-hal yang baru, mencoba teknologi-teknologi yang baru untuk terus menemukan mana resep yang pas untuk muridnya,” kata dia.

Ia juga meminta para guru untuk selalu memastikan bahwa tidak semua murid itu sama, namun semuanya mempunyai perbedaan. Untuk itu, kata dia, perlu mencoba hal baru, baik untuk guru maupun murid.(Ant/OL-4)

Baca Juga

Ist

Coreta Louise Luncurkan Koleksi Terbaru di New York Fashion Week

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 14:31 WIB
Kali ini tema yang diangkat adalah "Sea Reflection" yang terinspirasi dari keindahan bawah laut khususnya Bunaken Sulawesi Utara...
dok.ist

Jokowi: Kita Butuh SDM Berkualitas dan Berintegritas

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 13:21 WIB
PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Indonesia membutuhkan SDM yang berkualitas dan berintegritas demi memenuhi tantangan pasar...
ANTARA/Makna Zaezar

KLHK Ajak Semua Pihak Cegah Kecelakaan Akibat Asap Karhutla di Jalan Tol

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 25 September 2022, 13:15 WIB
Basar menambahkan perlunya patroli yang intensif dari para pihak pengelola jalan tol untuk mereduksi risiko kecelakaan akibat asap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya