Kamis 01 Juli 2021, 10:01 WIB

Merawat Pasien OTG di Rumah? Yuk Simak Panduan dari PMI

Atalya Puspa | Humaniora
Merawat Pasien OTG di Rumah? Yuk Simak Panduan dari PMI

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi isolasi mandiri dengan mendirikan terpal

 

PEMERINTAH memberlakukan aturan untuk pasien covid-19 yang tidak bergejala agar melakukan isolasi mandiri di rumah. Selain pasien, tentunya anggota keluarga di rumah juga harus memerhatikan hal-hal penting untuk menjaga kondisi pasien dan dirinya.

Berkaitan dengan itu, Promotor Perawatan Keluarga Palang Merah Indonesia Nining Suryaningsih memberikan langkah-langkah panduan yang harus diikuti oleh keluarga pasien yang merawat pasien OTG (orang tanpa gejala) di rumah.

Pertama, keluarga harus memastikan kebersihan lingkungan rumah. Pastikan sinar matahari masuk dan terjadi pertukaran udara dengan membuka jedela rumah. Bersihkan rumah secara rutin termasuk benda yang sering disentuh seperti gagang pintu, pegangan tangga, remote televisi, dan lain sebagainya.

"Jemurlah kasur, bantal, dan bed cover minimal satu minggu sekali atau bila diperlukan. Selain itu, gantilah sprei setiap hari atau bila dibutuhkan, misalnya dikarenakan basah," kata Nining dalam unggahan di akun Instagram PMI Indonesia, Kamis (1/7).

Selain itu, anggota keluarga yang menjadi perawat pasien OTG di rumah diharuskan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan pertolongan kepada pasien covid-19 menggunakan sabun dan air yang mengalir.

"Gunakan masker, apron, sarung tangan, dan alas kaki. Bisa juga menggunakan baju pelindung berbahan kain sehingga dapat dicuci dan digunakan kembali," bebernya.

Baca juga: Sedang Isolasi Mandiri? Ini Lima Hal yang Bisa Anda Lakukan

Selain itu, anggota keluarga yang sehat juga dilarang menyentuh wajah ketika masih menggunakan APD. Jika harus berkontak langsung dengan pasien positif covid-19 tanpa menggunakan APD, maka harus segera mandi, menuncuci rambut, dan berganti pakaian.

"Rendamlah pakaian bekas pakai dengan larutan klorin 0,5% selama 10 menit, lalu cuci dan jemur. Tetaplah menjaga jarak dengan anggota keluarga yang sakit," papar Nining.

Selain itu, anggota keluarga yang merawat pasien covid-19 harus memastikan kamar isolasi yang digunakan dalam keadaan bersih. Bersihkan minimal satu kali sehari kamar isolasi. Selain itu, sediakan tempat sampah tertutup yang dilapisi plastik di kamar isolasi. Bila memungkinkan, pasien covid-19 juga harus menggunakan kamar mandi yang terpisah dengan anggota keluarga yang sehat.

"Pastikan keluarga tercukupi gizinya dan istirahat yang cukup. Gunakan peralatan makan secara terpisah dan cucilah peralatan dengan sabun dan air panas serta simpan di tempat terpisah," imbuhnya.

Untuk memastikan kondisi pasien covid-19, perlu juga dilakukan pengukuran suhu tubuh dan frekuensi napas setiap hari.

"Apabila kondisi menurun, segera hubungi tenaga kesehatan," tegasnya.

Untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah, Nining juga menegaskan perlunya penerapan protokol kesehatan secara ketat. Pasien covid-19 harus menggunakan masker setiap saat dan menerapkan etika batuk dan bersin secara benar.

"Di dalam kamar isolasi, pastikan anggota keluarga yang sakit terpapar sinar matahari 15-30 menit setiap hari," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Ilustrasi

Deteksi Dini Bisa Selamatkan Pasien Kanker Hati 

👤M. Iqbal Al MAchmudi 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 22:45 WIB
Karsinoma sel hati (hepatoseluler karsinoma) adalah salah satu jenis kanker hati yang paling umum dengan prognosis/kemungkinan terjadinya...
Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Pemerintah Dorong Peningkatan Testing Covid-19 untuk Pengendalian Pandemi 

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 21:45 WIB
Tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR adalah Rp275 ribu untuk pulau Jawa dan Bali, serta sebesar Rp300 ribu untuk luar pulau Jawa dan...
Antara/Galih Pradipta

Capaian Vaksinasi Kelompok Remaja Lampaui 75% 

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 21:15 WIB
Menurutnya, vaksinasi remaja sangat penting untuk melindungi anak indonesia dari ancaman covid-19, apalagi Pembelajaran Tatap Muka (PTM)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya