Minggu 20 Juni 2021, 14:33 WIB

Indonesia Kedatangan 10 juta Bulk Vaksin Sinovac

Humaniora | Humaniora
Indonesia Kedatangan 10 juta Bulk Vaksin Sinovac

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Petugas membawa Envirotainer berisi vaksin covid-19 setibanya di Teminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (31/5/2021)

 

Indonesia telah menerima kedatangan vaksin covid-19 tambahan sebanyak 10 juta bulk vaksin jenis Sinovac dalam pengiriman tahap ke-17 yang tiba di Bandara Internasional Seokarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Minggu (20/6)

"Hari ini kita kedatangan lagi 10 juta bulk vaksin yang artinya sudah sejumlah 91 juta dosis yang sudah tiba di tempat kita, di tanah air, untuk diproduksi menjadi vaksin covid-19," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi dalam konferensi pers virtual usai kedatangan vaksin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (20/6).

Baca juga: Lockdown Bisa Mempercepat Pemulihan Ekonomi

Oscar menegaskan bahwa pemerintah selalu hadir dalam rangka mengamankan ratusan juta dosis vaksin covid-19 yang dibutuhkan untuk menjalankan program vakinasi terhadap 181,5 juta penduduk Indonesia yang ditargetkan menerima vaksin.

Pengadaan itu melalui berbagai jalur seperti upaya bilateral dan sambil terus melakukan eksplorasi dengan pengembangan di dalam negeri, seperti yang masih berjalan saat ini dengan Vaksin Merah Putih.

"Dengan adanya kedatangan ini kita terus berupaya untuk melakukan distribusi dan kemudian melakukan program vaksinasi agar berjalan dengan baik," ujarnya.

Dia memastikan bahwa vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi covid-19 telah melewati pengujian untuk memastikan keamanannya, sehingga bisa dikeluarkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Menurut data Kementerian Kesehatan, total 104.728.400 dosis vaksin yang diterima Indonesia sampai dengan 20 Juni 2021. Rinciannya adalah 94.500.000 dosis Sinovac, 8.228.000 dosis AstraZeneca, dan 2.000.000 dosis Sinopharm.

Sementara itu, sampai dengan Sabtu (19/6) kemarin total 12,2 juta orang telah menerima dosis vaksin secara lengkap, dengan penerima dosis pertama telah mencapai 22,8 juta orang. (Ant/H-3)
 

Baca Juga

medcom.id

Peneliti UGM Soroti Double Burden Masalah Infertilitas

👤Atalya Puspa 🕔Senin 02 Agustus 2021, 10:56 WIB
Fitri menyatakan infertilitas menjadi double burden of disease karena pembiayaan yang tinggi dan menyebabkan pengeluaran katastropik serta...
Istimewa

USU Masuk 10 Besar Peraih Medali Terbanyak Pusat Prestasi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 10:27 WIB
Delegasi USU yang tampil di ajang KNMIPA yang digelar Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek berhasil menyabet tiga...
ANTARA/M Risyal Hidayat

Kemenkes Pastikan Vaksinasi Booster Hanya untuk Nakes

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:58 WIB
"Diperkirakan jumlahnya ada sekitar 1,5 juta orang, yang tersebar di seluruh...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya