Minggu 20 Juni 2021, 13:55 WIB

Lockdown Bisa Mempercepat Pemulihan Ekonomi

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Lockdown Bisa Mempercepat Pemulihan Ekonomi

Antara
Ilustrasi

 

MENINGKATNYA kasus positif covid di beberapa daerah membuat pemerintah harus mengambil langkah cepat dan tepat. Institute For Development of Economics and Finance (Indef) menilai dengan lockdown bisa menurunkan angka positif covid dan mempercepat pemulihan perekonomian.

"Memang produksi hari-hari secara langsung akan terganggu untuk sementara. Banyak karyawannya pabrik atau umkm yg kena covid-19 juga. Tapi lockdown sebentar akan lebih baik untuk bisa recovered lebih cepat," kata Direktur Program Indef Esther Sri Astuti saat dihubungi, Minggu (20/6).

Dirinya mencontohkan Tiongkok yang melonggarkan lockdown setelah 3 bulan terjadi peningkatan kasus positif. Sehingga pemerintah Tiongkok secara serius menangani dengan lockdown dengan sitribusi bantuan sosial dan berbagai insentif.

Baca juga : Covid-19 Melonjak, Kapolri Minta Pemetaan di Tingkat RT/RW

"Apalagi sekarang sudah ada vaksinasi jadi bisa lebih cepat. Di sini panglima perangnya kesehatan bukan ekonomi, jadi penanganan covid yang utama, maka ekonomi recovery akan berjalan lebih cepat," ujar Esther.

Selain itu, lockdown juga bisa menurunkan angka kematian akibat covid karena membatasi secara maksimal penularan. Menurutnya dengan melakukan komunikasi publik lebih bagus maka masyarakat akan memahami.

"Komunikasikan obat-obatan, tanaman herbal dan cara menangani covid dengan benar ke masyarakat. Sehingga masyarakat tidak panik dan harus antri ke rumah sakit semua," ucapnya. (OL-2)

 

Baca Juga

MUI

MUI Hadiri Konferensi Internasional Lembaga Fatwa di Mesir

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 10:05 WIB
KETUA Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar menghadiri Konferensi Internasional Lembaga Fatwa yang digelar Dar Al Ifta...
Ant/M Risyal H

BOR Wisma Atlet Terus Alami Penurunan, Keterisian 27,5%

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:55 WIB
KONDISI Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, sudah mengalami penurunan jumlah pasien covid-19. Saat ini RS menampung pasien sebanyak...
ANTARA/Fachrurrozi

Selama 3 Minggu Terakhir, Kasus Covid-19 di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi Meningkat

👤Kautsar Bobi 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:14 WIB
"Dengan masih naiknya kasus selama kurang lebih tiga minggu terakhir maka perlu antisipasi dan kesiapan dari seluruh fasilitas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya