Kamis 10 Juni 2021, 07:55 WIB

Pusat Siap Bantu Fasilitas Isolasi dan Karantina Mandiri di Daerah

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Pusat Siap Bantu Fasilitas Isolasi dan Karantina Mandiri di Daerah

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho/
Sejumlah pasien orang tanpa gejala (OTG) covid-19 berjemur di halaman Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah.

 

PEMERINTAH pusat, melalui kesepakatan antarkementerian dan lembaga terkait bersama jajaran pemerintah daerah, memutuskan mendesentralisasi pembiayaan isolasi mandiri yang dilakukan secara bertahap. Awalnya, pembiayaan ini dilakukan tersentral oleh pemerintah pusat. Namun, ke depannya akan terdesentralisasi di daerah-daerah.

"Hal ini menimbang upaya penanganan covid-19 terbaik sesuai dengan tantangan yang dari setiap daerah dapat disesuaikan secara lebih efektif," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan resmi, Kamis (10/6).

Dalam pelaksanaannya, pemerintah pusat tetap siap membantu. Sehingga pemerintah daerah yang mengalami kendala, khususnya pada pengadaan fasilitas isolasi maupun karantina mandiri, bisa memanfaatkan forum komunikasi bersama pemerintah pusat agar dicarikan jalan keluar secara bersama-sama.

Baca juga: Satgas Minta Pemda Antisipasi agar Pandemi Tetap Terkendali

Di samping itu, pemerintah pusat senantiasa melakukan tindakan cepat dengan melakukan koordinasi dan bantuan. Bantuan tersebut diberikan untuk mempermudah daerah mengendalikan kasus yang sedang tinggi.

"Seperti mengonversi tempat tidur untuk pelayanan kesehatan maupun intensifikasi pelaksanaan PPKM mikro untuk mengetatkan kembali Protokol kesehatan," pungkas Wiku. (OL-1)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Hindari Bahaya Merkuri Pada Ibu dan Anak, KLHK : Perlu Restorasi Ekosistem

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 24 Juni 2021, 00:43 WIB
“Merkuri juga apabila terlepas ke lingkungan melalui air, udara dan tanah maka dapat berakumulasi di dalam lingkungan dalam jangka...
MI/Ardi Teristi Hardi

Kemendikbudristek Luncurkan Program Riset Terapan Dosen Vokasi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 00:31 WIB
Program tersebut merupakan program pengembangan ekosistem yang berbasiskan permintaan. Untuk permintaan sendiri bisa berasal dari industri,...
Dok UNDP

UNDP buka program Graduate Trainee

👤Retno Hemawati 🕔Rabu 23 Juni 2021, 23:55 WIB
Program ini menyasar para lulusan terbaik Indonesia dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta baik  dalam dan luar negeri untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya