Kamis 10 Juni 2021, 06:25 WIB

Karena Kehidupan itu Adalah Ketidakpastian

Dro/X-6 | Humaniora
Karena Kehidupan itu Adalah Ketidakpastian

Sumber: UGM/Litbang MI
Ilustrasi MI

 

CONTOH rekacipta teknologi menggunakan rekayasa kansei cerdas ialah pengembangan teknologi industri 4.0 untuk UMKM makanan dan minuman. Subjek ialah manusia sebagai pengambil keputusan. Parameter kansei yang diidentifikasi ialah kepercayaan. Ketidakpastian yang membatasi kepercayaan UMKM ialah pengetahuan (knowledge), keakraban (familiarity), persetujuan fungsi (agreement), kebutuhan (preference), dan jenis teknologi yang digunakan.

Wawancara dan kuesioner dilakukan atas parameter kebutuhan dan ketidakpastian. Kecerdasan buatan yang digunakan ialah jaringan saraf tiruan (JST). Masukan JST meliputi tingkat pendidikan, pengetahuan, keakraban, manfaat metode kerja, manfaat mesin, manfaat e-commerce, peringkat preferensi, dan kepercayaan verbal yang dinyatakan.

Luarannya ialah klasifikasi indeks kepercayaan berupa kurang percaya, percaya, dan terlalu percaya. Hasil penelitian tentang kepercayaan itu dikembangkan dengan menggunakan platform Kesan untuk aplikasi pengambil keputusan di UMKM makanan dan minuman.

 

 

2021, riset era tatanan kehidupan baru

Untuk contoh penerapan di kebijakan rencana bisnis, pada 2021 ini kami sedang melakukan penelitian menggunakan metode rekayasa kansei cerdas di era tatanan kehidupan baru. Kebutuhan manusia selalu bervariasi dan beradaptasi dalam menghadapi berbagai macam ketidakpastian.

Ketidakpastian akan menimbulkan tingkat pengetahuan, keakraban, persetujuan, dan preferensi baru. Keberadaan pandemi tidak saja membawa hikmah untuk menangani keberadaan covid-19 itu sendiri, tetapi juga persiapan dalam menangani ketidakpastian-ketidakpastian yang lain di depan. Rekayasa kansei cerdas diharapkan dapat membantu dalam budaya rekacipta yang dapat beradaptasi secara berkelanjutan, dengan melawan setiap ketidakpastian yang timbul karena sesungguhnya kehidupan itu sendiri adalah sebuah ketidakpastian. (X-6)

Baca Juga

Dok/FKM.UI

Epidemiolog: Butuh PSBB untuk Tekan Kasus Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 24 Juni 2021, 13:20 WIB
Epidemiolog UI dr.Iwan Ariawan,MSPH, mengungkapkan, untuk menurunkan kasus Covid-19 di Indonesia, sebenarnya dibutuhkan PSBB seperti...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko S

Vaksinasi, TNI-Polri Sasar Masyarakat Pesisir

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 24 Juni 2021, 11:08 WIB
Vaksinasi ini menargetkan 2.000 orang untuk pegawai dan pendukung pelabuhan berikut keluarga dan masyarakat di sekitar...
 ANTARA / Harviyan Perdana Putra

BPPT Lock, Inovasi Hadapi Masalah Pesisir Pantai Indonesia

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 24 Juni 2021, 11:05 WIB
Tantangan saat ini adalah kebutuhan-kebutuhan dalam mengamankan daerah yang mengalami potensi bencana dengan memanfaatkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya