Rabu 02 Juni 2021, 16:20 WIB

Kemendikbudristek Luncurkan Panduan Belajar PTM Terbatas

Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora
Kemendikbudristek Luncurkan Panduan Belajar PTM Terbatas

Kemendikbudristek
Menteri Nadiem Makarim

 

SEBAGAI tindak lanjut SKB 4 Menteri mengenai penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi, Mendikbudristek Nadiem Makarim merilis panduan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Hal itu juga untuk merespons rencana PTM di Juli 2021 nanti.

Nadiem mengatakan, panduan PTM terbatas itu mencakup pembelajaran di lingkup Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Pauddikdasmen).

"Saya pikir kita semua memang membutuhkan panduan operasional untuk mempermudah melaksanakan PTM terbatas sebagai turunan SKB 4 menteri yang telah disepakati," kata Nadiem dalam peluncuran Panduan Pembelajaran Pauddikdasmen via zoom, Rabu (2/6).

Nadiem menjelaskan bahwa saat ini masih banyak sekolah yang tidak memberikan opsi belajar tatap muka terbatas. Pihaknya telah menawarkan opsi bagi daerah dengan zona hijau, serta para guru dan tenaga pendidik yang telah melakukan vaksinasi.

"Kami sebenarnya telah menyarankan kepada satuan pendidikan yang berada di zona hijau dan guru dan tenaga kependidikan yang sudah divaksin untuk segera melaksanakan PTM terbatas," ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan PTM terbatas harus dilakukan demi masa depan generasi muda yang lebih baik. Pasalnya, pembelajaran jarak jauh (PJJ) memiliki risiko learning loss pada kemampuan belajar para peserta didik.

"Oleh karena itu, kami berharap panduan ini dapat dipelajari dengan seksama dan diterapkan sebaik mungkin dan akan mengingatkan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam pelaksanaan ptm terbatas," jelasnya.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Iwan Syahril mengungkapkan bahwa pada prinsipnya, panduan ini merupakan alat bantu untuk menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

“Penerima manfaat utamanya adalah guru dan tenaga kependidikan yang perlu mengontekstualisasikan panduan sesuai kondisi daerah dan satuan pendidikan,” tutur Iwan.

"Panduan ini berorientasi pada murid. Pertimbangan utama dalam memilih strategi yang ditampilkan pada panduan ini adalah kebermanfaatan sebesar-besarnya bagi murid. Diharapkan, panduan ini bisa mendorong pembelajaran yang mengantisipasi dampak negatif learning loss,” ungkap Iwan.

Berikut ini ringkasan ketentuan pokok penyelenggaraan pembelajaran terbatas di masa pandemi :

1.Pembelajaran dilaksanakan dengan PTM dan PJJ.
2. Wajib menyediakan pembelajaran tatap muka terbatas bila sudah divaksinasi.
3. Orang tua memilki hak memilih metode pembelajaran bagi anaknya. Paling lambat dilaksanakan tahun akademik 2021/2022.
4. Adanya pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran oleh pemerintah dan dinas setempat.
5. Pembelajaran diberhentikan apabila ada konfirmasi kasus Covid-19 di satuan pendidikan ataupun muncul kebijakan daerah terkait pengendalian covid-19.
6. Perlu dibentuk satuan tugas penanganan yang melibatkan orang tua wali serta masyarakat sekitar dengan komposisi, satu tim pembelajaran, psikososial, tata ruang, tim kesehatan, kebersihan, keamanan, pelatihan dan humas.

Nadiem mengingatkan, sebelum menerapkan PTM, sekolah wajib mengisi daftar periksa kesiapan pembelajaran tatap muka terbatas, seperti ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan, mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan menerapkan area wajib masker dan lainya yang tercantum dalam panduan tersebut. (H-2)

Baca Juga

Dok. Kemenag

Wamenag: Santri Abad 21 Harus Melek Literasi Digital 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:04 WIB
“Santri abad ke-21 harus memiliki keterampilan literasi digital (digital literacy), di samping literasi baca tulis, literasi...
Dok. UNJ

UNJ Gelar Sarasehan Bahas Polemik tentang Statuta Baru Pemberian Gelar Kehormatan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:02 WIB
Rektor UNJ Komarudin mengatakan, setelah sempat ramai di media massa, pada kesempatan sarasehan itu, ia mengajak semua duduk bersama dalam...
Antara

Pemprov DKI Klaim Kesiapan Hadapi Hidrometeorologi

👤Ant 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:48 WIB
BMKG memberikan peringatan bahwa bencana hidrometeorologi akan datang lebih awal di akhir...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya