Kamis 13 Mei 2021, 08:08 WIB

Presiden dan Ibu Negara Salat Id di Halaman Istana Bogor

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Presiden dan Ibu Negara Salat Id di Halaman Istana Bogor

MI/Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo Salat Id di Halaman Istana Bogor

 

PRESIDEN Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana melakukan salat Idul Fitri 1442 H di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/5) pagi.

Seperti tahun lalu, Presiden melaksanakan Salat Id secara terbatas di Istana Bogor. Salat Idul Fitri itu dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat dengan melakukan pemeriksaan suhu dan menjaga jarak antarjemaah.

Salat Id tersebut turut diikuti beberapa perangkat melekat antara lain Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Komandan Grup A Paspampres Kolonel Inf Anan Nurakhman, Asisten Ajudan Presiden AKP Syarif Muhammad Fitriansyah, dan Pengawal Pribadi Presiden Lettu Inf Windra Sanur.

Baca juga: Jokowi Sebut Idul Fitri Momentum Raih Kemenangan Melawan Pandemi

Presiden Jokowi salat mengenakan baju putih lengan panjang dipadankan dengan sarung bermotif batik dan peci hitam. Adapun Ibu Negara Iriana mengenakan mukena coklat muda.

Tepat pukul 06.36 WIB Salat Idul Fitri dimulai.

Adapun yang bertindak selaku imam Salat Idul Fitri itu yakni Serda Ridwan Payopo. Serda Ridwan sehari-hari bertugas sebagai anggota Tim Pampri Den 1 Grup A Paspampres. Serda Payopo juga menyampaikan khotbah.

Dalam khotbahnya, dia menyampaikan wabah covid-19 yang sudah setahun lebih melanda ini menjadi ujian. Menjalankan amalan serta ibadah di rumah dan menerima keadaan dengan adanya wabah seperti saat ini merupakan salah satu ujian yang diberikan Allah SWT.

"Kita harus bersabar menerima kenyataan ini, karena pada dasarnya, apa yang kita lakukan tidak lain yakni dalam rangka menaati Allah, Rasulullah, para ulama, dan pihak berwenang yang pada intinya bertujuan untuk menyelamatkan umat manusia dari ancaman wabah suatu penyakit," kata Serda Payopo.

Adapun berkenaan dengan pandemi covid-19 yang masih berlanjut pada Ramadan dan Idul Fitri kali ini, Serda Payopo juga berharap bulan Ramadan tahun ini dapat menjadikan kita semua lebih baik dari sebelumnya.

"Oleh sebab itu, di tengah tantangan lebih berat ini, kita selalu istiqomah dengan mempertahankan rutinitas ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadan," sambungnya.

Setelah salat Idul Fitri selesai sekitar pukul 07.02 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kembali ke Wisma Bayurini Istana Kepresidenan Bogor.

Sama seperti tahun lalu, Presiden pada Idul Fitri kali ini juga tidak menggelar gelar griya atau open house. Hal itu untuk mencegah kerumunan yang berpotensi penyebaran covid-19. (OL-1)

Baca Juga

MI/Ardi T H

UGM Luncurkan Beasiswa Dato Dr. Low Tuck Kwong-PYC

👤Ardi T Hardi 🕔Minggu 19 September 2021, 07:20 WIB
 DARI donasi Dato Dr.Low Tuck Kwong Rp50 miliar sebagai dana Abadi untuk dikelola UGM agar dapat memberikan beasiswa bagi mahasiswa...
Antara

Nilai Literasi Digital Indonesia 3,47 Poin, Ini Artinya

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 19 September 2021, 07:00 WIB
Indonesia mencatatkan nilai literasi digital 3,47 dari skala 1-4 atau...
Dok. Pribadi

Sekolah Diminta Optimalkan TIK dalam Pembelajaran

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 19 September 2021, 01:43 WIB
Selain untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, TIK dapat dioptimalkan untuk menciptakan manajemen sekolah yang efektif dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya