Rabu 05 Mei 2021, 21:35 WIB

Kolaborasi Kemenkoinfo dan TNI Bangun Infrastruktur TIK

Shinta Novita | Humaniora
Kolaborasi Kemenkoinfo dan TNI Bangun Infrastruktur TIK

Metro TV/Shinta Novita
Menkoinfo Johnny G Plate (kiri) saat bertemua Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate melakukan kunjungan ke markas besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam rangka memperkuat ketahanan sektor digital. Pertemuan berlangsung di Markas Besar TNI Cilangkap, Rabu (05/05) dan disambut baik oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Sebelumnya, Kementrian kominfo dan TNI telah memiliki payung kolaborasi berupa nota kesepahaman tentang Sinergi Program Kemenkoinfo dengan TNI, Desember lalu. Hal itu mencakup pemanfaatan sarana dan prasarana, pemberdayaan masyrakat dan TNI, Dukungan pengamanan, diseminasi informasi serta pertukaran data.

Baca juga: Menkominfo Mengapresiasi Novel Grafis Karya Agnez Mo

“Kolaborasi antara Kementerian Kominfo dan TNI perlu semakin diperkuat, terutama untuk menjamin pemanfaatan ruang digital agar berkontribusi positif bagi keamanan dan pertahanan digital Indonesia,” jelas Johnny.

Selain itu, pembahasan tersebut memastikan pelaksanaan pemerataan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang berjalan lancar tanpa adanya gangguan sehingga masyarakat di seluruh pelosok Nusantara dapat merasakan konektivitas jaringan komunikasi yang lebih baik.

“Salah satu tugas utama Kementerian Kominfo adalah untuk menyediakan infrastruktur telekomunikasi dan informatika yang merata di seluruh penjuru Tanah Air agar dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Hal ini membutuhkan kolaborasi yang kuat lintas sektor. Kami berharap TNI dapat turut berkolaborasi dan memberikan dukungan yang dapat menjadi modal kuat dalam keberlangsungan juga keamanan pembangunan infrastruktur TIK untuk kepentingan rakyat Indonesia,” ujar Johnny.

Sepanjang 2021 hingga 2022, Kemenkoinfo melalui Badan Layanan Umum (BLU) BAKTI akan membangun Base Transceiver Stations (BTS) 4G di 7.904 desa/kelurahan pada wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal), yang tersebar di Kepualuan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan juga Papua. Selain itu, Kemenkoinfo juga akan mempersiapkan infrastruktur jaringan tambahan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke-20 pada Oktober 2021 mendatang di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Pembangunan infrastruktur TIK yang berkualitas dan merata merupakan modal utama bagi bangsa Indonesia agar semakin terkoneksi, semakin digital, dan semakin maju,” tegas Johnny. (A-1)

 

Baca Juga

DOK GSM

Pengelolaan Anggaran Pendidikan Harus Diubah

👤Widhoroso 🕔Jumat 25 Juni 2021, 01:08 WIB
Salah satu penyebab kebocoran anggaran pendidikan adalah pengelolaan pendidikan yang teknokratis dan cenderung...
Antara

Cegah Stunting, Pemprov Kepri Sosialisasi Gerakan Makan Ikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:55 WIB
Kasus stunting di Kepri paling banyak tersebar di Kota Batam, sekitar 3.000...
MI/Ardi T hardi

PP Muhammadiyah Ingatkan Covid-19 Meningkat, Semua Agar Waspada

👤Ardi T hardi 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:50 WIB
KETUA Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, keadaan pandemi Covid-19 sangat memprihatinkan dan perlu semakin waspada bagi semua...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya