Selasa 27 April 2021, 20:06 WIB

Tips Kelola THR Biar Gak Cepet Ludes

Antara | Humaniora
Tips Kelola THR Biar Gak Cepet Ludes

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Pekerja menunjukkan uang Tunjangan Hari Raya (THR)

 

MESKIPUN tahun ini mudik Lebaran dilarang, namun Tunjangan Hari Raya (THR) tetap sesuatu yang ditunggu-tunggu dan tidak banyak dari Anda yang sudah merencanakan pemanfaatannya.

Agar THR tidak sekadar lewat dan lebih berfaedah, simak tips mengenai pemanfaatan uang ekstra itu secara bijak dan tidak dihamburkan begitu saja.

"THR sebaiknya benar-benar menjadi pendapatan ekstra yang tidak untuk dihambur-hamburkan, tapi harus dikelola dengan cerdas,” ujar Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA, dalam pernyataan resmi, dikutip hari ini.

Berikut tips mengelola THR secara bijak dan cerdas, agar THR bisa lebih bermanfaat dan tidak sekadar numpang lewat:

1. Buat daftar catatan tujuan keuangan

Pisahkanlah uang THR dengan gaji bulanan. Tentukan tujuan penggunaan uang THR. Sebaiknya sebagian dari uang THR disisihkan untuk dana darurat atau investasi. Bagi pengguna DANA, hal ini bisa semakin mudah dilakukan dengan adanya fitur DANA Goals.

Pengguna dapat membuat hingga 10 tujuan atau goal dengan total target menyesuaikan dengan batas saldo uang elektronik (khusus untuk pengguna DANA Premium) maksimal Rp8 juta.

Baca juga: Khatam Alquran Waktu Mustajab untuk Berdoa

2. Utamakan kebutuhan

Lebaran adalah momen kemenangan dan kebahagiaan. Namun, kebutuhan sehari-hari termasuk pulsa telepon tetap harus menjadi prioritas agar perayaan Lebaran tidak terganggu.

Masyarakat bisa menggunakan DANA untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di sejumlah supermarket maupun e-commerce selama Lebaran, atau pun membeli pulsa dan paket data dengan mudah dan aman.

3. Jadikan THR penuh berkah dengan sedekah

Pos selanjutnya yang harus dipenuhi dari uang THR adalah adalah untuk membayar zakat yang menjadi kewajiban bagi umat Islam. Selain zakat, bulan Ramadan dan Idul Fitri yang penuh berkah juga bisa dijadikan momen untuk memperbesar amal ibadah melalui sedekah.

Agar pembayaran zakat dan sedekah semakin mudah, praktis dan aman, masyarakat juga bisa memanfaatkan DANA yang sudah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa & Kita Bisa untuk penerimaan dan penyaluran zakat dan sedekah.

Baca juga: Resmi, Masa Larangan Mudik Lebaran Diperluas

4. Sisihkan untuk investasi

Jangan habiskan THR untuk bersenang-senang, sisihkanlah sebagian untuk tabungan darurat atau investasi. Pembagian THR tahun ini bisa jadi momentum yang pas untuk berinvestasi di tengah adanya larangan mudik dan pembatasan pada tempat-tempat liburan.

Investasi yang bisa menjadi pilihan adalah logam mulia emas, yang dianggap sebagai instrumen safe heaven. Di dompet digital DANA, pengguna bisa membeli emas dengan mudah, aman dan terjangkau.

Memanfaatkan DANA eMAS, pengguna bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp10 ribu secara langsung tanpa biaya tambahan.

5. Boleh memanjakan diri, tapi harus sesuai kemampuan

Setelah semua pos pengeluaran yang wajib dan penting dipenuhi, tidak ada salahnya menggunakan uang THR yang tersisa untuk bersenang-senang atau memanjakan diri, khususnya bagi yang suka berbelanja atau bermain game.

Pasalnya, voucher game dengan potongan harga spesial juga tersedia bagi pengguna menemani bulan Ramadan ini. Dengan catatan, uang yang dibelanjakan sepenuhnya adalah sisa THR.(OL-4)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

Dok. Komunitas Kelas Gambar Indonesia

Seni dalam Sunyi: Karya Lukisan dan Drawing 15 Anak Tuli

👤Humaniora 🕔Rabu 29 Juni 2022, 10:00 WIB
Tujuan pameran ketiga Kelas Gambar ini, senada dengan rangkaian workshop sebelumnya, yakni "Krayon Kami, Karya Kami" (2019) dan...
Dok Jangjo

Startup Jangjo Indonesia Hadirkan Instalasi Gunung Sampah

👤Humaniora 🕔Rabu 29 Juni 2022, 09:40 WIB
Tujuan pameran instalasi ini adalah memberikan gambaran bahwa sampah-sampah yang dibuang setiap harinya memiliki nilai dan banyak yang...
Ist

Gelar Festival Nusantara Gemilang, Kapolri: Pesan Moral Pentingnya Jaga Persatuan-Kesatuan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 09:34 WIB
Kapolri menghadiri acara 'Festival Nusantara Gemilang' yang merupakan pagelaran pentas seni dan budaya. Kegiatan ini, masih dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya