Kamis 08 April 2021, 12:21 WIB

Vaksinasi Saat Puasa, Epidemiolog Imbau Makan Bergizi Waktu Sahur

Suryani Wandari | Humaniora
Vaksinasi Saat Puasa, Epidemiolog Imbau Makan Bergizi Waktu Sahur

MI
Ilustrasi makanan bergizi

 

MAJELIS Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa terkait vaksinasi covid-19 di bulan Ramadan tidak akan membatalkan ibadah puasa. Hal senada pun dijelaskan oleh Epidemiolog Universitas Padjadjaran Budi Sudjatmiko. Menurutnya, secara medis tidak ada perbedaan perlakuan-perlakuan vaksinasi saat bulan puasa atau di luar bulan Ramadan.

“Secara medis tidak ada pengaruh dari berpuasa terhadap vaksinasi,” kata Budi dalam keterangan resmi, Rabu (7/4).

Oleh sebab itu, tidak perlu ada persiapan khusus untuk mengikuti vaksinasi saat berpuasa Ramadan. Peserta hanya perlu istirahat cukup dan dipastikan makan yang cukup di waktu sahur.

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat FK Unpad ini pun menjelaskan, saat sahur, peserta makan yang mampu mencukupi kebutuhan gizi di antaranya mengandung protein yang cukup, makan sayur-sayuran hingga mengandung lemak yang cukup. Peserta juga bisa menambah kandungan protein dengan mengonsumsi susu sebagai pelengkap makan sahur.

Baca juga:  Kemenkes : Vaksinasi Covid-19 Saat Ramadan Tidak Membatalkan Puasa

Sehingga gejala-gejala tertentu atau mengalami kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) divaksinasi tahap pertama bisa antisipasi dini.

“Jika peserta ada yang mengalami gejalanya agak parah pas vaksin pertama, mungkin saat vaksin kedua ini perlu dipersiapkan lagi,” ucap Budi.

Jika mengalami kondisi seperti lemas atau mengalami dehidrasi, peserta juga bisa mempertimbangkan untuk membatalkan puasa agar tidak mengalami gejala serius. Peserta wajib untuk menghubungi layanan kesehatan terdekat jika mengalami KIPI.

“Silakan menghubungi kontak dokter yang ada di surat vaksinasi,” tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

firstincare.com

Ketahui Ciri-Ciri Lansia yang Sehat Jasmani dan Rohani

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 06:00 WIB
Untuk menjaga kondisi sehat ini mereka memerlukan asupan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup dan rutin...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Cerita Bambang Brodjonegoro jadi Menristek Terakhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 05:50 WIB
Bambang Brodjonegoro menceritakan sempat mengusulkan agar kementeriannya kembali menjadi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi...
MI/Dok Kemenag RI

Arab Saudi Belum Beri Sinyal Soal Haji, Kemenag Tetap Persiapan

👤Siswantini Suryandari 🕔Senin 12 April 2021, 05:10 WIB
Plt Dirjen PHU Khoirizi H Dasir menyampaikan sampai saat ini belum ada negara yang sudah mendapat informasi dari Arab Saudi terkait...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya