Rabu 03 Maret 2021, 11:16 WIB

Cegah Terpapar Covid-19, Epidemiolog Sarankan Pakai Masker Rangkap

Putri Anisa Yuliani | Humaniora
Cegah Terpapar Covid-19, Epidemiolog Sarankan Pakai Masker Rangkap

ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Para siswa mengenakan masker saat hari pertama dimulainya kembali belajar tatap muka di SMAN 5 Kota Jambi, Jambi, Rabu (17/2).

 

EPIDEMIOLOG Griffith University Australia Dicky Budiman menyarankan agar masyarakat saat ini lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, untuk pemakaian masker, ia merekomendasikan untuk pemakaian masker hingga dua buah sekaligus.

"Penyebaran korona di Indonesia kan makin meluas. Orang yang terpapar makin banyak, banyak juga tanpa gejala. Untuk berjaga-jaga masker itu saya bilang malah harus dua," kata Dicky saat dihubungi, Selasa (2/3).

Menurutnya, pemakaian masker dua buah tersebut tidak mengganggu pernapasan apabila tidak memiliki masalah pernapasan seperti asma.

Terlebih lagi, saat ini sudah ada kasus baru Covid-19 mutasi B117 dari Inggris. Dicky menyebutkan mutasi baru ini lebih cepat menular dan menimbulkan gejala. Ia juga memprediksi bahwa tidak menutup kemungkinan ada mutasi baru  Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

"Ada mutasi yang membuat virus ini lebih cepat menular dan lebih mematikan. Maka dari itu perlindungan kita pun harus ekstra," tegasnya.

Ia pun meminta masyarakat melaksanakan tidak hanya 3M tetapi 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyampaikan kabar mengejutkan. Sebanyak dua kasus mutasi dari Inggris ditemukan untuk pertama kalinya.

"Tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation, di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," kata Dante, Selasa (2/3).

Ia mengatakan penemuan ini diperkirakan akan menambah berat penanggulangan covid-19 di Indonesia. (Put/OL-09)

Baca Juga

Antara

BRIN Jajaki Peluang Kerja Sama di Bidang Nuklir dengan Prancis

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:23 WIB
Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang sangat maju di bidang teknologi nuklir. Indonesia pun berharap dapat menjalin kerja sama...
MI/Susanto

Naib Amirul Hajj Minta Pemberangkatan Haji Tahun Depan Lebih Selektif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:00 WIB
"Saya kira ini jadi perhatian kami ke depan agar lebih selektif untuk berangkat jamaah haji Indonesia, dipastikan yang berangkat...
ANTARA/Idhad Zakaria

Dokter Ingatkan Agar Segera Sikat Gigi Setelah Makan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 13:30 WIB
Plak gigi terbentuk dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Sisa makanan yang tidak dibersihkan akan berubah menjadi lapisan lengket...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya