Senin 21 Desember 2020, 02:35 WIB

Kawan Vaksin Bantu Cakupan Vaksinasi hingga Pelosok

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Kawan Vaksin Bantu Cakupan Vaksinasi hingga Pelosok

MI/Lina Herlina
Ketua MPR RI Pantau Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Makassar.

 

UNTUK menyukseskan protokol kesehatan dan meningkatan cakupan vaksinasi covid-19 hingga ke pelosok Tanah Air, Koalisi Relawan (Kawan) Vaksin yang dibentuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI) siap menjadi kelompok pertama yang divaksinasi covid-19 di seluruh Indonesia bersama Presiden Jokowi.

Hal itu disampaikan Koordinator Gerakan Kawan Vaksin, Iswanto, dalam siaran pers kemarin.

“Gerakan Kawan Vaksin hingga ke daerah dibentuk untuk menyukseskan protokol kesehatan, memberi bukti kepada masyarakat bahwa vaksinasi aman dan tidak memiliki efek samping, sekaligus menyikapi rendahnya literasi masyarakat terhadap vaksin sehingga banyak yang lebih percaya hoaks,” jelasnya.

Kawan Vaksin sudah dibentuk pada 28 Oktober 2020 dengan beranggotakan puluhan organisasi, komunitas, dan relawan di seluruh Tanah Air yang berinisiatif membantu vaksinasi agar Indonesia cepat terbebas dari pandemi.

Secara terpisah, perusahaan angkutan penumpang dan barang PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) Persero siap mendukung pemerintah mendistribusikan vaksin covid-19.

Direktur Utama PT Pelni, Insan Purwarisya L Tobing, berharap pemerintah dapat melibatkan PT Pelni dalam mendistribusikan vaksin covid-19 ke penjuru Nusantara.

Selain jangkauan trayek yang luas, lanjutnya, kapal-kapal Pelni merupakan operator kapal terbesar di Indonesia yang menjalankan program Tol Laut.

Menurutnya, saat ini Pelni mengoperasikan 26 kapal penumpang, 4 kapal barang, 8 kapal Tol Laut, 45 trayek kapal perintis, dan 20 kapal rede, dengan trayek kapal yang memasuki kota besar mau pun wilayah 3TP (tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan).

“Kapal-kapal Pelni sangat dimungkinkan mengambil peran mendistribusikan vaksin covid-19. Jika diberi kesem patan oleh pemerintah, kami yakin distribusi vaksin dapat dilakukan segera,” tambah Insan.

Sementara itu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Bambang Soesatyo, yang akrab disapa Bamsoet, memantau langsung simulasi vaksinasi covid-19 di Puskesmas Makkasau, Jalan Andi Makkasau, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/12).

Bamsoet berharap semuanya bisa berjalan lancar agar pandemi covid-19 bisa segera berlalu. (Fer/LN/*/X-7)

Baca Juga

Ilustrasi

Psikolog: Teknologi Bisa Dimanfaatkan untuk Kemampuan Sosialisasi Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:55 WIB
Anna mencontohkan dengan bantuan orang tua sesama anak bisa memanfaatkan gawai untuk saling...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

47.427 Peserta Siap Ikuti Ujian Mandiri SIMAK UI 2022

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:45 WIB
Seperti penyelenggaraan ujian pada tahun sebelumnya, ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional dilaksanakan lebih cepat dari ujian S1 Reguler,...
Antara

Sepekan Jelang Closing Date, 76.421 Jemaah Haji Sudah Diberangkatkan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:02 WIB
Pada Selasa (28/6) ini, sebanyak 2.923 jemaah haji Indonesia kembali diberangkatkan. Mereka terbagi dalam tujuh kelompok terbang dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya