Jumat 06 November 2020, 03:30 WIB

Ibu Positif Covid-19 Tetap Bisa Menyusui

Mediaindonesia.com | Humaniora
Ibu Positif Covid-19 Tetap Bisa Menyusui

Ilustrasi
Seorang ibu sedang menyusui anak.

 

Seorang ibu yang positif terinfeksi covid-19 atau yang dicurigai terinfeksi covid-19 dalam isolasi mandiri dapat tetap menyusui sembari memastikan keamanan buah hati.

Dokter Umum Konsultan Laktasi Meutia Ayuputeri Kumaheri dari RS Pondok Indah – Pondok Indah dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya mengemukakan sejumlah langkah yang harus dilakukan.

Pertama, cuci tangan sebelum bersentuhan dengan bayi, peralatan pompa, dan peralatan minum bayi serta ikuti semua petunjuk cara membersihkan peralatan pompa dan minum bayi.

"Lalu, gunakan masker wajah saat menyusui bayi," kata Meutia dalam siaran resmi, Kamis (5/11).

Segera ganti masker bila lembap atau basah, dan buang masker sekali pakai setelah tidak digunakan. Lalu, hindari memegang wajah bagian depan saat memakai dan membuka masker.

Dia mengatakan, ibu tidak perlu membersihkan kulit payudara secara teratur sebelum menyusui atau perah ASI.

"Namun demikian, apabila ibu batuk atau bersin mengenai kulit payudara, ibu dapat segera mandi dan membersihkan area kulit payudara dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik sebelum menyusui," ujar dia.

Bersihkan area permukaan perabotan di rumah dengan cairan pembersih secara berkala.

Jika ibu harus dirawat terpisah dengan bayi, cari informasi terkait donor ASI atau orang sehat yang dapat memberikan ASI perah kepada bayi.

Orang sehat yang merawat dan memberikan ASI perah kepada bayi juga harus menjalankan protokol kesehatan yang sama dengan ibu.

"Apabila ibu mengalami keraguan, dapat berkonsultasi dengan tenaga profesional yang dapat membimbing menyusui dalam kondisi covid-19." (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist

Panitia Perayaan Natal Nasional 2021 Bantu Korban Erupsi Semeru 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 11:44 WIB
Panitia Perayaan Natal Nasional 2021 membantu saudara-saudara di Lumajang yang terdampak erupsi gunung Semeru melalui kegiatan aksi...
ANTARA/Aswaddy Hamid

Dua tersangka Kasus Kayu Ilegal di Luwu Segera Disidangkan

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 09 Desember 2021, 11:38 WIB
Kasus berawal dari penangkapan saat Operasi Gabungan oleh Balai Gakkum Wilayah Sulawesi Seksi Wilayah I Makassar Oktober...
MI/Andri Widiyanto

100 Juta Penduduk Indonesia Sudah Divaksinasi Covid-19 Lengkap

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 09 Desember 2021, 11:29 WIB
PEMERINTAH menyatakan bahwa 100,03 juta penduduk Indonesia telah mendapatkan dosis lengkap atau dua kali menerima dosis vaksinasi covid-19...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya