Senin 05 Oktober 2020, 06:35 WIB

Kota Surabaya Cairkan Dana Kampung Tangguh

Media Indonesia | Humaniora
Kota Surabaya Cairkan Dana Kampung Tangguh

ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini

 

PEMERINTAH Kota Surabaya siap mencairkan dana hibah senilai Rp12,5 miliar untuk operasional 1.298 Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo bagi penanganan dampak covid-19 di wilayah itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kota Surabaya Irvan Widyanto menjelaskan, setidaknya hingga saat ini sudah ada 1.298 Kampung Tangguh yang dibentuk dan sudah berjalan dengan SK Camat. “Mereka dapat mengajukan dana hibah ini,” katanya.

Irvan mengatakan, pencairan dana tersebut berdasarkan Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 48 Tahun 2020 tentang Pemberian Hibah kepada Satgas Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo dalam rangka penanganan dampak covid-19.

Permohonan dana hibah ini diajukan secara tertulis kepada Wali Kota Surabaya melalui Kepala BPB Linmas. Permohonan itu diajukan Ketua atau koordinator Gugus Tugas Kampung Tangguh di tiap-tiap wilayah.

“Jadi, ada sebuah proses yang harus dilalui dalam pengurusan permohonan hibah ini, termasuk kami nanti akan melakukan verifikasi terhadap permohonan dana tersebut,” katanya.

Selain itu, kata dia, ada pula pelaporan dan pertanggungjawabannya karena dana tersebut berasal dari APBD Surabaya. Bahkan, nanti ada pula monitoring dan evaluasinya. “Termasuk pula dana hibah itu harus dikembalikan apabila tidak habis atau tidak digunakan. Pengembaliannya itu langsung ke rekening kas umum daerah,” katanya.

Dengan adanya dana hibah bagi Satgas Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo ini, ia berharap mereka bisa semakin semangat dan giat bekerja dalam membantu pemkot menangani pandemi covid-19.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebelumnya mengatakan, tujuan pemberian dana hibah ini sebagai upaya preventif penanganan dan pencegahan serta untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. (Ant/X-11)

Baca Juga

Ist

Dukung Industri Fesyen Tanah Air, Oppo Bazaar Fashion Festival Digelar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:03 WIB
Peragaan busana ini pun menggandeng beberapa tokoh ternama seperti Adrian Gan & Sonderlab, Tangan & Anton Ismael, serta Lulu...
ANTARA /Nyoman Hendra Wibowo

BMKG Dukung Petani dan Nelayan Antisipasi Cuaca Ekstrem

👤 Atalya Puspa 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Salah satu upaya yang dilakukan BMKG adalah dengan membuat sekolah lapang sebagai platform yang didesain untuk memfasilitasi literasi...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Presien Minta BMKG Identifikasi Ancaman dan Dampak Perubahan Iklim secara Menyeluruh

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Presiden Joko Widodo memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengidentifikasi risiko perubahan iklim dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya