Jumat 18 September 2020, 16:45 WIB

Banyak ASN Positif Covid-19, Menteri PAN-RB Minta Lebih Disiplin

Indriyani Astuti | Humaniora
Banyak ASN Positif Covid-19, Menteri PAN-RB Minta Lebih Disiplin

MI/Andri Widiyanto
Sejumlah ASN DKI meninjau penerapan protokol kesehatan di Pasar Pondok Labu, Jakarta.

 

SELURUH Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. Mengingat, banyak pejabat publik maupun ASN yang dinyatakan positif covid-19.

Hal itu ditekankan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo. Menurutnya, perlu dilakukan pengawasan ketat atas penerapan protokol kesehatan di tengah ASN. Terutama dari pejabat pembina kepegawaian (PPK) di tiap kementerian atau lembaga (K/L), serta pemerintah daerah.

"Seperti, penggunaan masker, perilaku hidup bersih dan sehat. Berikut, pembatasan pertemuan tatap muka secara langsung," ujar Tjahjo, Jumat (18/9).

Baca juga: Jika Terinfeksi Covid-19, Pejabat Publik Diminta Terbuka

Pihaknya telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 67 Tahun 2020, yang mendorong K/L dan pemerintah daerah untuk memastikan ASN tetap sehat dan tidak terinfeksi covid-19. Sehingga, pelayanan publik tidak terganggu. Oleh karena itu, perlu dilakukan tes covid-19 secara berkala terhadap ASN.

Selain itu, Kementerian PAN-RB juga mengingatkan PPK di tiap K/L dan pemerintah daerah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan. Mulai dari penyediaan sarana cuci tangan, hand sanitizer, hingga memastikan ventilasi udara. Pihaknya juga meminta PPK rutin melaporkan efektivitas penyesuaian sistem kerja di masa pandemi covid-19.

Baca juga: ASN DKI Rawan Terpapar, BKD: Tamu Gubernur tak Perlu Swab

"Khusus K/L dan pemerintah daerah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diminta melaporkan setiap pekan mengenai pelaksanaan pembagian tugas kedinasan, yakni kerja dari rumah (WFH) dan kerja dari kantor, serta pembagian kerja pegawai ASN,” paparnya.

Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan berada pada urutan tertinggi dari segi jumlah ASN yang terinfeksi covid-19, yakni 139 pegawai. Kemudian, disusul Kementerian Perhubungan sebanyak 90 pegawai, serta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jakarta Timur sebanyak 79 pegawai.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Buat Film Dokumenter Inspiratif Butuh Riset Serius dan Panjang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:05 WIB
Dr. IGP Wiranegara, M.Sn mengatakan jika merekam kehidupan manusia atau tokoh, upayakan kita tahu betul kiprah sang tokoh, sehingga...
Ist

Sajikan Info Terkini Kenotariatan, Fakultas Hukum UP Luncurkan Web

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:44 WIB
Konten website dan jurnal bisa mencerminkan keadaan yang sebenarnya terutama apa yang jadi visi keilmuan dan kekhasan program studi...
Dok. Kemendikbudristek

Kemendikbudristek-PNUP Gandeng PT Pembangkit Jawa Bali Kembangkan Energi Terbarukan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:37 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto mengatakan, kerja sama itu sangat relevan dengan nawacita pemerintah bahwa pendidikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya