Jumat 22 November 2019, 00:21 WIB

Rangkaian Milad, UMJ Kembali Gelar ISMUBA

mediaindonesia.com | Humaniora
Rangkaian Milad, UMJ Kembali Gelar ISMUBA

Dok. UMJ
Penyelenggaraan ISMUBA

 

UNIVERSITAS Muhammadiyah Jakarta kembali menggelar Olimpiade Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA). Ajang yang menjadi rangkaian Milad ke-64 UMJ itu diikuti oleh siswa dari jenjang sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) dan Madrasah Aliyah/pondok pesantren (MA/Ponpes).

Tercatat, ada 27 tim mengikuti Lomba Cerdas Cermat, sebelas siswa mengikuti lomba pidato Bahasa Arab, dan empat sekolah mengikuti kompetisi lomba ortom (organisasi otonom).

Wakil Rektor I UMJ Endang Sulastri mengatakan, kegiatan itu menjadi ajang mempererat tali silaturahmi antar lembaga pendidikan Muhammadiyah. Kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi pelajar di tingkat SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah, dan pondok pesantren.  

"Kami berharap agar UMJ dan SMA/SMK, MA/Ponpes Muhammadiyah yang sama-sama berada dalam naungan persyarikatan bisa bersinergi, khususnya dalam bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan," ujar Endang dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Milad Ke-64, UMJ Siap Bersaing di Era Globalisasi

Wakil Rektor IV UMJ, Mahmudin Sudin menambahkan, UMJ tengah membangun sinergitas dengan persyarikatan Muhammadiyah sebagai induk dan pemilik amal usaha Muhammadiyah (AUM), dan organisasi otonom seperti Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci, dan Kepanduan Hizbul Wathan.

Ia mengatakan, UMJ sebagai AUM sangat membutuhkan persyarikatan dan organisasi otonom sebagai basis persemaian kader pimpinan.

"Oleh karena itu, untuk memberikan semangat [kepada] para kader untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi Muhammadiyah. Jadi, lomba ISMUBA merupakan penguatan pendidikan Al Islam Kemuhammadiyah yang mereka akan dapatkan di bangku perkuliahan," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Teguh Prihatna

PAPDI Imbau Masyarakat Jangan Ragu untuk Vaksin Booster

👤 Atalya Puspa 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 10:27 WIB
Prof.Samsuridjal  mengungkapkan, masyarakat tidak perlu ragu dan takut dalam menjalani vaksinasi booster sesuai dengan...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

PAPDI Minta Warga tidak Ragu dan Takut Dapatkan Dosis Booster Vaksin Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 29 Januari 2022, 07:00 WIB
PAPDI juga meminta semua bidang dan sektor yang terlibat dalam program vaksinasi covid-19 juga turut memantau efektifitas dan keamanan...
Ist

Buat Film Dokumenter Inspiratif Butuh Riset Serius dan Panjang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:05 WIB
Dr. IGP Wiranegara, M.Sn mengatakan jika merekam kehidupan manusia atau tokoh, upayakan kita tahu betul kiprah sang tokoh, sehingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya