Kamis 20 Desember 2018, 17:10 WIB

360 Pemenang Beasiswa Daring OSC Medcom 2018 Diumumkan

Micom | Humaniora
360 Pemenang Beasiswa Daring OSC Medcom 2018 Diumumkan

Medcom
.

 

AKHIRNYA 360 siswa terpilih sebagai pemenang kompetisi beasiswa daring atau online scholarship competition (OSC) Medcom.id 2018 yang didukung Fajar Paper, Kamis (20/12). Nantinya mereka akan mendapatkan beasiswa di setiap universitas favorit.

Kompetisi ini sendiri bertujuan memberikan kemudahan putra-putri Indonesia agar bisa melanjutkan pendidikan hingga S-1 melalui jalur beasiswa. OSC juga diharapkan mampu menjadi daya dukung pendidikan tinggi yang memfasilitasi anak-anak berprestasi dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia.

OSC bekerja sama dengan 18 perguruan tinggi swasta ternama di Indonesia dari tujuh kota, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, dan Makassar. Mereka yang memperebutkan beasiswa senilai Rp30 miliar itu ialah setiap siswa/siswa SMA/SMK/MA sederajat di Indonesia.  Animo peserta cukup tinggi karena jumlah pendaftar tahun ini meningkat dari 42 ribu peserta tahun lalu menjadi sekitar 54 ribu pada tahun ini.

Project Officer OSC Medcom.id 2018 Findo Gading menegaskan, mereka yang lolos di setiap perguruan tinggi ini, berhak mendapatkan beasiswa penuh. Beasiswa itu meliputi, bebas uang pangkal (biaya masuk) 100%, beasiswa hingga lulus untuk delapan semester berturut-turut, dan mendapat sertifikat pemenang OSC 2018.  “Tidak  hanya akan mendapatkan beasiswa, finalis juga akan mendapatkan sertifikat dan bagi peserta pilihan dari luar pulau akan mendapatkan subsidi transpor,” ujar Findo.

Dengan mengikuti OSC, peserta tidak lagi perlu datang ke kampus/universitas untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung. OSC mempersingkat proses tersebut dengan metode daring, mulai pendaftaran dan tes tahap awal. Semuanya dilakukan melalui sistem daring.

Tahapan OSC diawali dengan pendaftaran dari 30 Agustus hingga 2 November 2018. Sebanyak 2.700 peserta dinyatakan lolos seleksi tahap pertama atau 150 peserta terbaik di setiap kampus yang digelar pada 4 November 2018. Pada tes tahap kedua yang merupakan seleksi berkas ada 70 peserta lolos di setiap perguruan tinggi. Mereka kemudian maju ke tahap tes offline pada 20 Desember 2018 di Balai Kartini dan dilanjutkan dengan awarding night untuk mengumumkan 360 peserta yang beruntung meraih beasiswa. (S-2/X-11)

Baca Juga

kemdikbud.go.id

"Suara Bel" Satu Menit untuk Kesetaraan Hak

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 25 September 2022, 08:05 WIB
Mereka ingin menarik perhatian dunia akan pentingnya hak anak atas pendidikan, termasuk anak...
Medcom.id/Ahmad Mustaqim

UKDW Perluas Jangkauan Mitra Merdeka Belajar Kampus Merdeka

👤Ahmad Mustaqim 🕔Minggu 25 September 2022, 07:00 WIB
Sebanyak 76 mitra tersebut sebagian besar sudah bekerja sama dalam program MBKM maupun pengabdian...
BPMI SETPRES/RUSMAN

NU-India Berdiskusi Atasi Ancaman terhadap Umat Minoritas India

👤Henri Siagian 🕔Minggu 25 September 2022, 01:12 WIB
NU, kata Gus Yahya, mendorong setiap orang yang beriktikad baik dari setiap agama dan bangsa untuk rnenolak penggunaan identitas sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya