Sabtu 25 September 2021, 09:27 WIB

Rahasia Hidup Sehat ala Rhoma Irama

Wisnu Arto Subari | Hiburan
Rahasia Hidup Sehat ala Rhoma Irama

DOK Youtube Rhoma Irama Official.
Bisikan Rhoma episode ke-8 di Youtube Rhoma Irama Official.

 

TAK terasa tahun ini Rhoma Irama akan memasuki usia ke-75 pada Desember nanti. Meskipun sudah tak muda lagi, Si Raja Dangdut masih sehat dan menjalani aktivitas sehari-sehari mulai dari konser di televisi hingga bikin acara Youtube di kanal sendiri Rhoma Irama Official. Tentu banyak yang bertanya rahasia sehat Bang Haji yang tetap tampil prima hingga kini.   

Dalam Bincang Asik Bareng (Bisikan) Rhoma episode ke-8 dengan bintang tamu Ratu Dangdut Elvy Sukaesih yang tayang perdana pada 17 September 2021, ada seorang penggemar mempertanyakan resep sehat ala Rhoma Irama. Sekitar menit ke-53, pembawa acara Ryan Kampua membacakan pertanyaan @adiirawannst berbunyi, "Apa rahasia hidup sehat pak haji? dan apa senjata ampuh pak haji tetap tenteram terlihat ketika dihantam masalah berat ketika itu? mohon dijawab kerna ini bisa menguatkan dan menyehatkan fans pak haji."

Rhoma pun menjawab pertanyaan itu. "Dengar baik-baik nih. Yang pertama, pola hidup sehat, pola makan sehat. Artinya, pola hidup sehat di antaranya olahraga secara teratur." Berikut rincian penjelasannya.

1. Minum air hangat

Bang Haji senantiasa minum air putih hangat segelas besar setiap pagi. "Jadi sebelum kita melakukan apa pun, bangun tidur (baca doa) alhamdulillahilladzii ahyana ba'da maa amatana wa ilaihin nusyur, ambil gelas isi air hangat. Segelas besar harus habis," katanya.

Soalnya, Rhoma pernah membaca literatur dari dokter Jerman yang mengatakan ada tiga jenis air yaitu air dingin (es), air adem atau netral, dan air hangat. Air dingin, lanjutnya, itu tidak sehat karena mengikat lemak dan mematikan antioksidan. Air adem bisa untuk mengatasi dehidrasi. Namun, air hangat itu obat karena dapat masuk ke sel-sel terjauh menurut dokter.

Baca juga: Konser Global Citizen Live akan Tampilkan Nama-Nama Besar

Karena itu, air putih hangat selalu dekat dengan segala aktivitas pemimpin Soneta Group itu. Setelah bangun pagi, Rhoma selalu minum air hangat setelah makan pagi atau kegiatan apa pun. "Jadi selalu air hangat, air hangat, air hangat. Barangkali ini yang dapat menyehatkan selain olahraga," paparnya.

2. Madu dan empon-empon

Rhoma melanjutkan, setelah minum air hangat saat bangun tidur, 30 menit kemudian ia melakukan salat subuh. Ia sarapan biasanya dengan telur rebus atau sedikit roti. Setelah itu, Irama--nama aslinya--mengonsumsi madu dan empon-empon.  

Elvy pun bertanya, "Apa itu empon-empon?" Rhoma menerangkan bahwa empon-empon itu ialah jahe, kunyit, dan berbagai rempah-rempah yang direbus. Airnya ditaruh dalam botol besar dan dimasukkan ke kulkas agar dapat diminum setiap pagi. Ia meminum empon-empon dalam satu sloki dicampur madu.

Baca juga: Fukunaga Sebut Film James Bond Butuh Karakter Perempuan Kuat

Namun, Rhoma mengingatkan agar kita harus memilih madu asli. Paling tidak, katanya, pilih madu yang dijual di apotek. Itu dilakukannya setiap pagi.

3. Pernapasan

Setelah sarapan dan minum empon-empon, Rhoma melakukan olahraga pernapasan atau menghirup oksigen setiap pagi. Caranya, "Ambil napas dalam-dalam, tahan selama mungkin, lepaskan napas selama mungkin juga," ujarnya. Itu untuk memasukkan oksigen ke dalam tubuh. Alasannya, tubuh kita membutuhkan oksigen sebagaimana air tadi.

4. Peregangan

Rhoma mengaku olahraga yang suka dilakukannya yaitu berenang dan gowes alias bersepeda. "Minimal stretching atau peregangan. Minimal itu," urainya. Peregangan harus dilakukan setiap hari. Kalau yang berat seperti berenang atau bersepeda bisa 3-4 kali seminggu.

5. Dzikrullah

Terkait pertanyaan tentang tenteram, Rhoma mengutip potongan ayat Al-Qur'an. Ada firman Allah yang menyatakan bahwa sesungguhnya hanya dengan mengingat Allah itu tenanglah hati. Dzikrullah itu banyak macamnya. "Salat itu dzikrullah. Setiap melakukan apapun hadirkan Allah. Mau makan baca bismillah dan setelah makan alhamdulillah," imbuhnya.

Ia menyarankan agar mengingat Allah sebanyak-banyaknya. "Sampai kalau jalan baca laa ilaha illallah. Naik tangga baca alhamdulillah allahu akbar allahu akbar. Turun tangga subhanallah subhanallah. Apapun yang kita lihat hadirkan Allah. Selama kita mengingat Allah, tenanglah hati. Badai apapun yang menimpa insyaallah kalau kita ingat Allah insyaallah tenang. Insyaallah insyaallah," paparnya.

6. Bersihkan hati

"Jangan pernah membenci orang. Jangan pernah sebal sama orang. Jangan marah sama orang," ucapnya. Menurutnya, kita harus menerima keburukan orang dengan lapang dada. Dalihnya, ada istilah kedokteran yaitu psikosomatik yaitu penyakit fisik karena pikiran, mental, atau psikis. Bersihkan hati dari sifat-sifat buruk seperti iri, dengki, sombong, marah, dan sebagainya.

Baca juga: Rhoma Irama Kabarkan Maestro Suling Soneta Group Meninggal Dunia

Elvy pun menimpali bahwa ia juga minum air putih hangat habis bangun pagi. Karenanya, di sebelah tempat tidurnya ada dispenser sehingga memudahkan Elvy mengambil air hangat. (OL-14)

Baca Juga

Instagram @enhypen

Enhypen Gandalan Rekor Penjualan Mereka di Pekan Pertama

👤Ajeng Ayu Winarsih 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:30 WIB
Enhypen telah menetapkan rekor penjualan minggu pertama tertinggi untuk grup yang memulai debutnya pada 2020...
ANTARA/Ho

Sutradara Nussa Sambut Keputusan Pemerintah Izinkan Anak di Bawah 12 Tahun Masuk Bioskop

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 12:00 WIB
Nussa telah tayang di bioskop pada 14 Oktober. Cerita yang hangat dan penuh dengan nilai moral tinggi menjadikan Nussa sebagai film...
Instagram @dlwlrma

Baru Dirilis, Lagu Baru IU Langsung Puncaki Tangga Lagu Melon Music

👤Ajeng Ayu Winarsih 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 11:15 WIB
Segera setelah dirilis, Strawberry Moon langsung menempati peringkat pertama di tangga lagu Top 100 Melon Music serta di tangga lagu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya