Minggu 10 September 2017, 05:01 WIB

Taman yang Menghidupkan Kota

Ramdani | Foto
Taman yang Menghidupkan Kota

MI/Ramdani

 

DENGAN menggendong anak balita yang lucu, perempuan itu berpose di bawah sebuah pohon besar. Sinar matahari yang menembus di antara cabang-cabang pohon menjadikan mereka bak bermandi cahaya emas. Sebuah pemandangan yang seindah lukisan, yang segera saja diabadikan lelaki yang bersama mereka.

Pemandangan indah serupa mudah ditemui di berbagai di taman-taman di Kota Taipei. Terutama saat sore datang, taman seolah menuturkan akan sisi lain kota yang sibuk itu.

Di balik gedung-gedung bertingkat perkantoran maupun hunian, Taipei nyatanya tidak kehilangan kehangatan kehidupan. Berkat taman, anak-anak bisa tetap mengenal nikmatnya berlarian di rumput luas maupun asyiknya memanjat dahan-dahan besar. Di taman itu pula, orang-orang tidak lupa akan budaya menyapa dan berbagi cerita.

Taman memang bukan sekadar penting untuk lingkungan. Ruang terbukanya bukan hanya berfungsi sebagai daerah tangkapan air ataupun sekadar mempercantik kota. Taman sejatinya menghidupkan kota.

Di situlah masyarakat bisa tetap merasakan menjadi bagian komunitas warga. Bukan sekadar penduduk yang terwakili di statistik belaka.

Di negara kita Indonesia, belakangan ini pembangunan taman kota sebagai ruang publik mulai mendapat perhatian lebih oleh pemimpin-pemimpin kota. Hal itu menyadari pentingnya keberadaan taman kota yang tidak hanya sebagai tempat berkegiatan dan interaksi, tapi juga sekaligus sebagai sebuah identitas. (M-3)

Baca Juga

MI/Agus Mulyawan

Dalam Keikhlasan dan Kekhusyukan

👤Agus Mulyawan 🕔Minggu 22 Juli 2018, 00:00 WIB
SEPERTI tangan-tangan yang menggapai di pintu Kabah, begitulah perasaan jiwa ketika akhirnya bisa menatap Baitullah di akhir Juni lalu....
 MI/PANCA SYURKANI

Rusia yang Bersatu

👤FOTO DAN TEKS: MI/PANCA SYURKANI 🕔Minggu 13 Mei 2018, 01:05 WIB
JUTAAN warga mengular sepanjang 6 kilometer, melangkah perlahan menuju Lapangan Merah,...
MI/Tiyok

Dari Kos-kosan Menuju Pesantren

👤MI/Tiyok 🕔Sabtu 05 Mei 2018, 00:05 WIB
TERPIDANA kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E), Setya Novanto alias Setnov, mulai Jumat (4/5) menjalani hukumannya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya