Kamis 26 Januari 2023, 15:34 WIB

Eksportir Dorong Pengaturan DHE Dibuat Menjadi Menarik

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Eksportir Dorong Pengaturan DHE Dibuat Menjadi Menarik

Antara
Aktivitas bongkar muat kontainer berlangsung di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta

 

KETUA Umum Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) Benny Soetrisno berharap aturan Devisa Hasil Ekspor (DHE) yang sedang dibahas pemerintah dan otoritas terkait dapat diformulasikan dengan menarik. Sebab, hal itu menurutnya yang luput dari pengaturan penempatan DHE di dalam negeri.

"Instrumen dolar di dalam negeri itu kurang menarik. Kalau kita menyimpan dolar atau deposito di bank di Indonesia, itu tidak lebih dari 1% (bunga) setahun. Singapura bisa 3-5%. Makanya Bank Indonesia harus bikin instrumen dolar yang menarik untuk bisa bersaing," ujarnya kepada Media Indonesia, Kamis (26/1).

Benny menyatakan mendukung sepenuhnya upaya perbaikan pengaturan DHE yang sedang dilakukan pemerintah. Sebab hal itu pada akhirnya akan berdampak positif bagi perekonomian dalam negeri.

"Yang penting itu ketersediaan dolar dari hasil ekspor itu jangan dirupiahkan dan dicecer kemana-mana, jadi kalau kita butuh dolar, itu ada. Jadi sebetulnya kami setuju saja dengan aturan DHE itu," kata dia.

Benny juga mengingatkan bahwa Indonesia sampai saat ini masih menganut rezim devisa bebas bagi investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI).

Rezim itu merupakan sistem lalu lintas devisa yang perpindahan aset dan kewajiban finansial antara penduduk dan non penduduk termasuk aset dan kewajiban luar negeri antarpenduduk dibebaskan.

"Artinya kalau perusahaan investor punya untung dan membagi deviden, boleh saja dia membaginya ke luar. Kalau memang dia orang luar," tutur Benny.

Karena itu, agar para eksportir berminat memupuk atau menyimpan dananya di sistem keuangan Indonesia, formulasi aturan yang atraktif diperlukan. (OL-8)

Baca Juga

AFP

Harga Minyak Global Bergerak Waspada Jelang Pertemuan Pejabat Eropa

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:35 WIB
Di tengah tekanan sanksi ekonomi, inflasi, dan kerusuhan yang meluas, pemerintah Iran dilaporkan telah meningkatkan penjualan minyak ke...
MI/Haryanto

8 UMKM Binaan Terbaik Semen Gresik Terpilih Ikuti Bazar Kementerian BUMN

👤Haryanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:10 WIB
PT SEMEN Gresik (PTSG)  melalui Rumah BUMN (RB) Rembang mengirimkan 8 UMKM Binaan Terbaik yang telah  terpilih mengikuti Bazar...
Antara

Kementan Perkuat Mekanisasi Pertanian Guna Hadapi Krisis Pangan Global

👤Ficky Ramadhan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:30 WIB
Kementerian Pertanian (Kementan) tengah bersiap untuk melakukan intervensi teknologi mekanisasi pertanian guna menghadapi potensi krisis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya