Kamis 19 Januari 2023, 06:30 WIB

Kopi Gayo, Emas Hitam dari Barat Indonesia

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Kopi Gayo, Emas Hitam dari Barat Indonesia

Dok.LPEI
Petani memetik kopi gayo.

 

Kolaborasi nyata dari semangat Kemenkeu Satu antara Direktorat Kekayaan Negara Kantor Wilayah Aceh dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank telah membukukan hasil positif di awal tahun 2023 dengan diresmikannya Desa Devisa Kopi Gayo beberapa waktu lalu di Kabupaten Bener Meriah, Aceh (11/1).

Sekitar 125 orang petani yang bernaung pada Koperasi Panca Gayo Coffee akan diberikan pelatihan dan pendampingan oleh berbagai narasumber dan ahli di bidang perkopian. Hal ini merupakan manfaat langsung yang dirasakan oleh para petani di Kabupaten Bener Meriah guna meningkatkan kapasitas para petani kopi agar mampu menghasilkan produk kopi bercita rasa tinggi dan juga memiliki kualitas biji kopi yang berstandar baku internasional.

Berdasarkan data yang diperoleh dari IEB Institute, gambaran ekspor kopi Indonesia menunjukan trend positif di tahun 2022. Sepanjang Januari hingga Agustus tahun 2022 nilai ekspor kopi tercatat mencapai USD 698,18 juta atau naik 45,52% secara YoY.

Provinsi Aceh sendiri merupakan salah satu wilayah produksi kopi terbesar di Indonesia dengan total produksi pada tahun 2020 mencapai 73,42 ribu ton atau sekitar 10% dari total produksi kopi nasional dengan produksi utamanya adalah Kopi Gayo. Diantara beberapa jenis kopi dan Kopi Gayo merupakan salah satu kopi terbaik yang sudah dikenal di berbagai wilayah dunia.

Mempertimbangkan potensi ekspor kopi Indonesia yang besar, komoditas Kopi Gayo menjadi salah satu fokus industri pendampingan Desa Devisa LPEI. Direktur Pelaksana Bidang Keuangan dan Operasional LPEI, Agus Windiarto mengungkapkan dalam sambutannya, rencana kerja kolaborasi di Aceh pada tahun 2023 ini, akan lebih difokuskan pada pengembangan program Desa Devisa. 

"Desa Devisa merupakan pendampingan komprehensif kepada komunitas petani untuk meningkatkan kapasitas komoditi unggulan Aceh agar dapat menembus pasar dunia," kata Agus Windiarto.

Bupati Bener Meriah, Haili Yoga mengatakan bahwa berbagai dukungan yang diterima tentu merupakan semangat baru bagi masyarakat Bener Meriah untuk terus mengembangkan komoditi mulai dari ekspor, mulai dari wilayah pedesaan.

"Kami juga yakin dengan adanya program seperti ini, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah akan bisa terus berproses meningkatkan aktivitas produksi, distribusi, dan transaksi komoditi secara berkelanjutan dalam mengembangkan potensi secara ekonomi, sosial, dan lingkungan," kata Haili Yoga pada saat peresmian Desa Devisa Kopi Gayo.

Hal serupa disampaikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban, melalui program Desa Devisa ini masyarakat yang memiliki produk unggulan akan diarahkan untuk memperbesar aksesnya guna mencapai kondisi sosial ekonomi budaya yang lebih baik, dibandingkan dengan kondisi sebelum adanya kegiatan pendampingan Desa Devisa tersebut.

"Keberadaan program Desa Devisa ini diharapkan dapat memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat lokal berdasarkan pengembangan dari produk unggulan serta menopang ekonomi kerakyatan melalui kegiatan ekspor nasional," ujar Rionald Silaban.

Apresiasi diberikan oleh Rionald Silaban atas terealisasikannya Program Desa Devisa Kopi Gayo,  "Kami mewakili pemerintah pusat menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas sinergi dan capaian yang sangat baik ini. Kami berharap, peresmian Desa Devisa Kopi Gayo di Kabupaten Bener Meriah dapat menjadi bahan bakar semangat yang lebih besar bagi Bapak Ibu semua untuk menciptakan sinergi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan penggiat usaha petani kopi, sehingga mampu berkontribusi dalam peningkatan ekspor dan pendapatan devisa yang berkelanjutan." (RO/E-1)
 

Baca Juga

Dok. DPR RI

Komisi VI DPR Apresiasi PTPN Mampu Cetak Net Profit Hingga Ro5,5 Triliun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 09:00 WIB
Politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga berharap agar PTPN VIII bisa lebih dikembangkan lagi dalam sektor pariwisata. Juga diharapkan...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Industri Keuangan Hadapi Tahun Suram, Suport OJK Kembali Diharapkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:35 WIB
Kebijakan inovatif dari OJK yang bersifat counter cyclical sangat diharapkan....
Dok. DPR RI

Legislator Usul Program Transformatif PT Pos Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 08:05 WIB
Politisi Fraksi PAN ini menjelaskan, konsep central titipan ini juga akan sangat berguna terutama dikota-kota yang padat aktivitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya