Jumat 06 Januari 2023, 18:09 WIB

Wapres: Pengusaha UMKM Bisa Terus Naik Kelas Walaupun BLT Diakhiri

Emir Chairullah | Ekonomi
Wapres: Pengusaha UMKM Bisa Terus Naik Kelas Walaupun BLT Diakhiri

Dok.Setwapres
Wakil Presiden Ma’ruf Amin

 

PEMERINTAH mengakhiri pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada para pengusaha mikro. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebutkan, pihaknya bakal terus memantau implikasi akibat berakhirnya subsidi yang diberikan akibat pandemi covid-19 tersebut.

“Pemerintah akan terus mengevaluasi apakah setelah dihentikan itu nanti tidak menjadi masalah,” kata Ma’ruf usai menyerahkan program bantuan BAZNAS Microfinance Masjid kepada jemaah Masjid Raya At-Takwa, Matraman, Jakarta Timur, hari ini.

Wapres menilai saat ini kondisi para UMKM sudah mulai membaik terutama setelah kasus penyebaran covid-19 juga sudah mulai landai dan berangsur membaik. Aktivitas UMKM pun saat ini dinilai sudah mulai berjalan normal akibat tidak adanya pembatasan.

“Terlihat dari banyak kemajuan yang terjadi saat ini,” ujarnya.

Wapres menyebutkan, BPUM BLT UMKM merupakan bentuk perhatian pemerintah untuk memberikan berbagai stimulus kepada para pengusaha mikro khususnya UMKM. Bantuan yang diberikan seperti restrukturisasi pembiayaan, restrukturisasi bunga, kredit, dan bantuan langsung tunai.

"Ya bantuan BPUM namanya ya, bantuan upah minim emang dalam masa pandemi pemerintah memberikan berbagai stimulus untuk para pengusaha ini, ada restrukturisasi pembiayaan, kredit, ada juga restrukturisasi bunga, ada lagi juga bantuan tunai, ada berbagai hal. Karena pandemi sudah turun, saat ini dilakukan perubahan,” pungkasnya.

Ma’ruf berharap pengembangan usaha yang dilakukan pengusaha mikro dan UMKM terus mengalami kenaikan. Pasalnya, saat ini pembatasan PPKM telah dicabut sehingga diharapkan para UMKM dapat terus naik kelas. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Basuki: 30 Proyek IKN Senilai Rp24 Triliun Sudah Teken Kontrak

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:56 WIB
Beberapa konstruksi yang tengah dikerjakan antara lain Kantor Presiden dan Wakil Presiden, Kantor Kementerian, perumahan, jalan tol dan...
Ist

Dukung Pertumbuhan Fashion Lokal, MC Texstyle Gelar Promo

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:19 WIB
Manav Chainani, selaku owner MC Texstyle mengatakan, promo tanggal kembar yang dilakukan setiap bulan ini bertujuan untuk mendukung...
Antara

Sri Mulyani: Pelaku Usaha Jangan Khawatirkan Tahun Politik

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:08 WIB
Menurutnya, Indonesia telah memiliki pengalaman yang matang dan mampu menjalankan pemilu dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya