Selasa 27 Desember 2022, 19:00 WIB

Tren Penjualan Apartemen Bakal Terdongkrak Sentimen Positif Industri Properti 

mediaindonesia.com | Ekonomi
Tren Penjualan Apartemen Bakal Terdongkrak Sentimen Positif Industri Properti 

Ist
Tower Ekki Podomoro Golf View hadir untuk masyarakat urban dengan mobilitas yang tinggi.

 

KETANGGUHAN ekonomi nasional menahan potensi resesi, hingga optimisme pertumbuhan ekonomi di kisaran 5% tahun akan mengerek sentimen positif pada industri properti.

Segmen hunian vertikal alias apartemen juga ditaksir akan tetap melanjutkan pertumbuhan positifnya sejak semester dua tahun ini. 

“Tahun depan kalau bisa mencapai target pertumbuhan ekonomi di kisaran 4,5-5% industri properti pasti akan tetap memiliki ruang pertumbuhan," ungkap pengamat properti Anton Sitorus dalam keterangan pers, Selasa (27/12).

"Pertumbuhan terutama akan terjadi di segmen-segmen residensial dan logistik. pemulihan ekonomi yang sudah mulai terjadi pada tahun ini saya pikir juga masih akan terus berlanjut,“ kata Anton. 

Sampai November 2022, Bank Indonesia turut mencatat kredit pemilikan rumah dan kredit pemilikan apartemen masih berada dalam tren positif dengan pertumbuhan 8% (yoy).

Sementara secara kuartalan, bank sentral melaporkan pada kuartal III-2022 pertumbuhan mencapai 3,27% yang merupakan pertumbuhan paling tinggi sejak 2020, atau setelah pandemi. 

Sementara melansir rumah.com Indonesia Property Market Report Q3-2022, permintaan terhadap apartemen juga tercatat tumbuh tinggi sebesar 12,4% (QtoQ), dengan namun belum diiringi pertumbuhan pasokan yang tumbuh 3,0% (QtoQ), sementara indeks harga justru terkontraksi 0,5% (QtoQ).

Baca juga: Di Usia 3 Tahun, Startup Rukita Raih Dua Penghargaan Sekaligus

Anton menjelaskan keseimbangan antara pasokan, harga, dan permintaan saat ini memang menjadi tantangan para pengembang apartemen kini hingga tahun depan.

Para pengembang yang dapat mengatasi tantangan ini, niscaya dapat mendorong mendapat respons positif dari pasar. 

“Pengembang perlu terus berinovasi dan kreatif. Jabodetabek memiliki sekitar 30 juta penduduk, jika pengembang dapat menghasilkan pasokan apartemen dalam jumlah banyak di tengah permintaan yang tinggi dengan harga yang terjangkau, sudah pasti akan ramai,” sambung Anton. 

Anton menambahkan, preferensi masyarakat dalam memilih apartemen utamanya terkait lokasi.

"Aksesibilitas yang prima menuju pusat aktivitas seperti Jakarta, ditopang fasilitas yang lengkap dan harga yang terjangkau akan menjadi nilai tambah utama untuk masyarakat. Ditambah dengan komitmen pembangunan serta ketepatan waktu serah terima," jelasnya.

Mengakomodasi permintaan yang tinggi terhadap apartemen, Podomoro Golf View turut menawarkan Apartemen 3 Bedroom pada Tower Ekki untuk para keluarga urban produktif.

Berlokasi di Selatan Jakarta, Tower Ekki Podomoro Golf View hadir untuk masyarakat urban dengan mobilitas yang tinggi membutuhkan hunian yang menawarkan lokasi strategis dengan harga yang terjangkau. 

Apartemen 3 Bedroom Tower Ekki Podomoro Golf View ditawarkan tak lama setelah Tower Ekki menyelesaikan pembangunan atau topping off pada akhir Agustus lalu sesuai target yang dicanangkan. 

Marketing Manager Podomoro Golf View Ferdynand Sadrach menambahkan kehadiran Tower Ekki memang bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan keluarga urban dan produktif.

Sementara tipe 3 Bedroom dijelaskannya cocok untuk pasangan muda atau keluarga baru yang menginginkan hunian berkualitas untuk tumbuh kembang putra-putrinya.

Tower Ekki merupakan tower keempat sekaligus yang dirancang paling mewah, modern, dan elegan pada kawasan Podomoro Golf View. Adapun tiga tower sebelumnya telah terjual hingga 4.400 unit. 

“Tower Ekki menghadirkan tipe 3 Bedroom yang sangat cocok untuk pasangan muda atau keluarga baru yang menginginkan hunian berkualitas untuk tumbuh kembang putra-putrinya," jelasnya.

"Unit 3 Bedroom ini memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki unit lain seperti corner unit lainnya, dan ditawarkan dengan sangat terbatas, hanya empat unit di setiap lantainya,” jelas Ferdynand. 

Tower Ekki Podomoro Golf View dirancang sangat modern dengan keamanan 24 jam. Serta dilengkapi dengan fasilitas premium yang menunjang gaya hidup produktif bagi keluarga urban seperti co-working space, green roof parking, entertainment lounge, high-speed wifi, gym & yoga center, hingga adventure arena untuk anak. 

Adapula Food & Beverage Riverside Area agar para penghuni dan keluarganya bisa menikmati kuliner dengan pemandangan sungai yang asri. Poin yang membedakan dengan tower lainnya,

Tower Ekki juga memiliki resort theme pool yang eksklusif, karena tidak dimiliki oleh tiga tower apartemen sebelumnya.

Sementara tipe 3 Bedroom Tower Ekki juga makin eksklusif karena memiliki jendela di tiap kamar, balcony di living area, pemandangan Gunung Salak, dan akses terdekat dengan lift. 

Ferdinand menambahkan Apartemen Podomoro Golf View juga dibangun sebagai kawasan mudah dijangkau lantaran lokasinya yang super strategis ditambah dengan aksesibilitas prima

Podomoro Golf View berada tepat di depan exit tol Cimanggis KM 19 Tol Jagorawi, diapit oleh 2 akses tol dari Jakarta dan Bogor.

Podomoro Golf View juga merupakan kawasan Transit Oriented Development (TOD) sejak tahun 2018 yang terintegrasi dengan berbagai transportasi publik seperti bus PPD dan Swoop yang telah beroperasi ke berbagai destinasi di pusat kota.

“Ke depan juga akan dibuka akses tol baru dari Podomoro Golf View ke Bogor untuk makin memperluas akses bagi para penghuni," katanya.

"Dengan konsep easy to reach, easy for mobility Podomoro Golf View dibangun untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan aksesibilitas bagi para keluarga urban yang produktif dengan mobilitas yang tinggi, sehingga mereka tidak perlu khawatir untuk melakukan mobilitas baik ke tempat kerja, maupun ke lokasi-lokasi lainnya,” papar Ferdynand. 

Ferdynand menambahkan, Kawasan Podomoro Golf View juga dibangun dengan konsep One Stop Living yang menghadirkan kebutuhan keseharian, edukasi, hingga religi.

Kawasan Podomoro Golf View memiliki sarana pendidikan mulai dari tingkat TK, hingga perguruan tinggi dengan hadirnya Sekolah Karakter dan Universitas Gunadarma.

Ada pula street mall yang dapat memenuhi kebutuhan keseharian para penghuni, dan yang paling menarik terdapat pula Masjid At Thohir, ikon destinasi religi anyar di Jabodetabek yang diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki Tower Ekki Podomoro Golf View, kata Ferdynand, apartemen premium yang berada di Selatan Jakarta ini juga bisa menjadi opsi investasi properti yang potensial.

Sebab, permintaan apartemen eksklusif kini tengah meningkat, apalagi dilengkapi dengan ketersediaan fasilitas yang lengkap sehingga dapat menaikkan nilai investasi aset properti. Pada akhirnya, kesempatan investasi properti kini makin tinggi. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

Cerita Sukses Siti Nur Maftuhah: Berbagi dan Berkembang dengan MicroMentor

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 08:11 WIB
MicroMentor memungkinkan perempuan yang akrab disapa Meta itu untuk berbagi, bertumbuh, dan berkembang dengan wirausaha tanpa batasan...
Sumber: ITB/Litbang MI

Platform untuk Sedekah Ilmu

👤Mustika Sufiati Purwanegara/M-1 🕔Selasa 31 Januari 2023, 08:10 WIB
LEWAT fitur Forum yang terdapat pada Ecobiz.id, kita dapat melihat bahwa ada beragam tantangan usaha yang dihadapi para produsen skala...
Dok. ITB

Kedaulatan Ekonomi Petani lewat Ecobiz

👤Dr Mustika Sufiati Purwanegara MSc, Kelompok Keahlian Strategi Bisnis dan Marketing, Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB 🕔Selasa 31 Januari 2023, 08:05 WIB
Platform digital merupakan salah satu sarana dalam model bisnis inklusif yang menciptakan pembangunan sosial dan kemakmuran bagi kelompok...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya