Kamis 24 November 2022, 16:30 WIB

Finlandia Tertarik Investasi Pengelolaan Air Limbah di IKN

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Finlandia Tertarik Investasi Pengelolaan Air Limbah di IKN

MI/Andri Widiyanto.
Ilustrasi pengelolaan air limbah.

 

FINLANDIA tertarik berinvestasi bidang pengelolaan air limbah atau waste water management di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim). Hal ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono usai melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Perdagangan Internasional Kementerian Luar Negeri Finlandia Nina Vaskunlahti dan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Pekka Kaihilahti, Jakarta, Rabu (23/11).

"Setelah pertemuan ini akan ditindaklanjuti oleh Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan untuk menentukan skema kerja sama yang disepakati," kata Basuki dalam keterangannya, Kamis (24/11). Setelah nanti disepakati kerja sama kedua negara tersebut, kemudian secara teknis akan ditangani oleh PUPR sesuai bidang masing-masing.

Pihaknya terbuka untuk menjalin kerja sama pembangunan IKN dengan mengedepankan inovasi teknologi baru, terutama untuk mendukung keberlanjutan lingkungan. Selanjutnya, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, setiap calon investor dari luar negeri dipersyaratkan untuk memiliki kantor cabang dan pusat fabrikasi di Indonesia.

"Sebagai contoh, pemerintah Indonesia sudah punya lahan yang disiapkan di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. Investor tinggal bawa teknologi dan buka pabrik," ujar Basuki.

Pemerintan Indonesia menjamin kemudahan perizinan untuk membuka izin usaha konstruksi di Indonesia. Seluruh perizinan akan dibantu oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal dan dimonitor langsung oleh Presiden Jokowi.

Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Perdagangan Internasional Kementerian Luar Negeri Finlandia Nina mengatakan tertarik untuk melihat tindak lanjut dari pertemuan dengan Menteri PU-Pera. "Kami datang bersama dengan sejumlah perusahaan di Finlandia yang bergerak dalam bidang konstruksi dan inovasi teknologi untuk keberlanjutan lingkungan," tutup Nina. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sektor Penerbangan Mulai Bangkit, Penumpang Domestik Tembus 45 Juta

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 08 Desember 2022, 19:00 WIB
Sampai Oktober 2022, permintaan pasar terhadap penerbangan domestik sudah mencapai 70,4% dari masa sebelum pandemi atau di...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Potensi Investasi US$30 Miliar, Tingkatkan Kemudahan Menjalankan Bisnis

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:27 WIB
Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri menilai sudah banyak perubahan yang terjadi...
Ist

Ritel Guardian Rangkul 'Beauty Enthusiast' untuk Pilih Produk Sedang Tren

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 17:44 WIB
Kampanye ini ditujukan untuk para beauty enthusiast agar dapat memilih produk kecantikan yang sedang tren di berbagai macam negara melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya