Minggu 28 Agustus 2022, 13:17 WIB

Wujudkan Transformasi Digital Koperasi, Dekopin Gandeng CBI

Dero Iqbal Mahendra | Ekonomi
Wujudkan Transformasi Digital Koperasi, Dekopin Gandeng CBI

MI/Dero Iqbal Mahendra
Rapat Kerja Nasional 2022 Dekopin yang di selenggarakan di Semarang.

 

Dalam rangka beradaptasi dan transformasi akan tantangan hari ini yang semakin dinamis, Koperasi kini tidak hanya bergerak melalui layanan simpan pinjam namun juga berkembang ke arah sektor retail.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari Bisowarno, dalam Forum Bisnis dan Seminar Nasional Perkoperasian. Acara tersebut merupakan rangkaian agenda Rapat Kerja Nasional 2022 Dekopin yang di selenggarakan di Semarang.

Proyeksi koperasi merambah ke sektor retail tersebut dilatarbelakangi oleh peluang untuk menawarkan produk konsumsi sehari-hari bagi para anggota koperasi. Oleh karenanya, Ia meyakinkan bahwa gerakan koperasi Indonesia harus segera memasuki sektor retail agar koperasi turut mampu bersaing dengan industri retail modern.

Untuk mendukung langkah tersebut Dekopin telah menyiapkan konsultan retail komprehensif, menawarkan sistem, jaringan produk, hingga manajemen, yang bisa digandeng oleh gerakan koperasi.

“Selama ini koperasi sebagai institusi ekonomi rakyat yang berkembang di bawah tampak kurang menyadari perkembangan situasi di sekitarnya. Karenanya, Dekopin mengajak koperasi Indonesia dan pelaku bisnis lain untuk mendukung proses pengembangan koperasi secara aman, kuat, dan cepat. Salah satunya kami wujudkan melalui kerja sama dengan mitra seperti CBI,” kata Sri Untari Bisowarno, dalam keterangan tertulisnya Minggu (28/8).

Sri menjelaskan Dekopin berkolaborasi dengan Credit Bureau Indonesia (CBI), atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Kredit Biro Indonesia Jaya (KBIJ), guna memberikan dukungan layanan informasi perkreditan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku koperasi.

CBI sendiri sangat mengapresiasi langkah strategis Dekopin dalam upay transformasi koperasi di Indonesia.

“CBI berkomitmen mendukung transformasi digital perkoperasian melalui edukasi dan layanan informasi perkreditan yang telah terbukti sangat berdampak positif terhadap kegiatan perkreditan. Kegiatan perkreditan oleh koperasi akan menjadi lebih matang dalam perencanaan, prudent dalam pengambilan keputusan dan pemantauan kredit, serta kompetitif dalam kualitas layanan,” ungkap Direktur Utama CBI Agus Subekti yang juga hadir sebagai pembicara dalam Forum Bisnis dan Seminar Nasional Perkoperasian.

Sebagai bentuk dukungan di kesempatan tersebut CBI dan Dekopin menandatangani perjanjian kerja sama yang menjadi momentum awal kerja sama strategis untuk mewujudkan transformasi digital koperasi Indonesia. Transformasi digital koperasi pada kelembagaan dan pengelolaan koperasi menjadi prioritas utama untuk merespon perubahan kondisi eksternal yang semakin cepat. Kerja sama dengan stakeholder seperti CBI dibutuhkan agar koperasi dapat terus mewujudkan dan meningkatkan peran sebagai penggerak ekonomi rakyat.

“Kerja sama dengan CBI merupakan langkah strategis Dekopin dalam rangka mewujudkan tugas dan fungsi pokoknya, yaitu edukasi, fasilitasi dan advokasi. Upaya ini merupakan langkah kongkrit Dekopin dalam memberikan fungsi dan fasilitasi kepada anggota Dekopin dalam rangka mitigasi risiko pada proses pemberian fasilitas pinjaman dari, oleh, dan kepada anggota. Jadi bisa lebih tepat sasaran dari sisi pemberian fasilitas pembiayaan, pengembalian dan meningkatkan tingkat kepuasan layanan koperasi pada anggotanya,” ujar Ketua Panitia Temu Bisnis dan Rapat Kerja Nasional Dekopin 2022 Imam Faturrohmin. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Ridwan Kamil Akui Kompor Listrik Bebani Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:59 WIB
Menurutnya, program konversi gas elpiji 3 kilogram ke kompor listrik akan berjalan lancar jika ada penggunaan teknologi yang...
Dok.Sunlife

Sun Life Indonesia dan CIMB Niaga Hadirkan Sun Proteksi Jiwa

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:07 WIB
Hanya 37% masyarakat Indonesia yang memiliki tabungan untuk hidup lebih dari 6 bulan ke...
MI/ Dwi Apriani

Penjelasan PLN Soal Aliran Listrik Putus Saat Cuaca Ekstrem

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:59 WIB
Salah satunya karena gardu listrik terendam air akibat intensitas hujan tinggi. Tak jarang, gardu listrik juga ikut terendam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya