Sabtu 21 Mei 2022, 10:40 WIB

Jaro Ade Apresiasi Pemerintah, Masyarakat Boleh Mudik

mediaidonesia.com | Ekonomi
Jaro Ade Apresiasi Pemerintah, Masyarakat Boleh Mudik

dok.pribadi
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (tengah), Komtap Kadin Indonesia Jaro Ade (kiri)

 

IDUL Fitri tahun ini berbeda dibanding tahun tahun sebelumnya dikarenakan antusias masyarakat untuk mudik berlebaran dikampung halamannya sangat tinggi.  Hal ini bukan tanpa sebab, dimasa pandemi pemerintah melarang masyarakat untuk mudik guna menekan penyebaran covid 19.

Tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk bisa mudik saat lebaran, seiring situasi pandemi yang mulai terkendali,  sehingga masyarakat berbondong bondong pergi kekampung halaman menumpahkan rasa rindu dan kangen kepada sanak pamili dimomen lebaran ini.

Ketua komite tetap (Komtap)  Kadin Indonesia Jaro Ade mengapresiasi langkah pemerintah tersebut, menurutnya masyarakat sudah jenuh akibat pandemi dan yang paling penting adanya kegiatan ekonomi dan perputaran uang ke desa dari pemudik yang dapat menggairahkan ekonomi dalam upaya membangkitkan ekonomi yang lesu akibat badai pandemi.

"Adanya pergerakan pemudik kedesa tentu memberikan stimulan ekonomi dan membantu menghidupkan geliat usaha kecil dan menengah didesa desa.  Selain itu sektor wisata, hotel dan transportasi juga terbantu sehingga diharapkan bisa memberikan percepatan dalam kebangkitan ekonomi nasional," ujar Jaro Ade dalam keterangannya, Sabtu (21/5).

Jaro Ade juga berharap agar pemerintah bisa melihat kondisi strategis ini dan bisa mendorong dengan cepat langkah strategis lain dalam rangka pemulihan ekonomi. "Tentu dengan menggenjot program strategis yang sudah dicanangkan seperti peningkatan infra struktur dan penyediaan serta pengembangan wilayah industri agar bisa menangkap momen ini dan merubah menjadi kekuatan baru untuk bangkit dari sektor ekonomi nasional yang terpuruk saat ini". Imbuhnya

Mengkapitalisasi potensi yang ada dan bergerak cepat dan tepat bersama bangkit baik pemerintah daerah maupun pusat sangat diyakini Jaro Ade mampu dilakukan sebagai bentuk upaya keluar dari krisis yang bisa lebih buruk lagi.  

Jaro Ade juga menambahkan dengan penguatan disektor rill dan mikro adalah langkah yang baik sehingga ketahanan ekonomi bisa terbentuk sebagai langkah menuju kekuatan ekonomi nasional. (OL-13)

Baca Juga: Menko PMK Klaim Pelaksanaan Mudik Lebaran Tahun Ini Sukses

Baca Juga

Dok Modernland

Saat Pandemi, Modernland masih Mampu Catat Laba Rp458 M

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:10 WIB
Perseroan membukukan penjualan pemasaran Rp1,4 triliun. Segmen residensial mendominasi dengan Rp1,1 triliun, meski turun 18% ketimbang...
MI/BENNY BASTIANDY

Masuk Status Darurat, Daerah Dapat Geser Anggaran untuk Wabah PMK

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:15 WIB
Untuk melakukan pergeseran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kepala daerah dapat melakukan perubahan Peraturan Kepala Daerah...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Indonesia Ajak Negara Lain Berkontribusi pada Dana Perantara Keuangan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:50 WIB
FIF diharapkan dapat diluncurkan secara formal dan beroperasi pada September...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya