Rabu 18 Mei 2022, 23:44 WIB

Erick: BUMN Harus Kembali ke Khittah sebagai Perusahaan yang Sehat dan Berdaya Saing

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Erick: BUMN Harus Kembali ke Khittah sebagai Perusahaan yang Sehat dan Berdaya Saing

Dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir bersama peserta rekrutmen bersama BUMN 2022

 

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir begitu kagum dengan semangat generasi muda yang ingin bergabung dengan BUMN. Semangat tersebut menjadi dasar dalam menjaga tren positif BUMN saat ini dan masa yang akan datang.

Erick meminta generasi muda untuk tidak galau dalam menatap masa depan. Indonesia, ucap Erick, mampu memutarbalikkan pandangan miring dan keluar dari pandemi covid-19 dengan menjadi salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi di dunia dengan lima persen.

"Ini salah satu tertinggi di dunia, AS kalah, Cina kalah, Eropa kalah. Artinya, kalau kita mau, kita bisa. Kenapa tidak perlu galau? sampai 2045, ekonomi kita akan terus tumbuh dan menjadi empat besar dunia secara ekonomi. Oleh karena itu, kita perlu superhero baru dan juara-juara baru," ujar Erick saat memberikan pembekalan peserta rekrutmen bersama BUMN 2022 bertajuk "Berkarya untuk Indonesia" di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (18/5).

Erick menyadari, dia dan para pemimpin lain di BUMN tentu memiliki keterbatasan dari segi waktu dan usia. Keberlanjutan kepemimpinan menjadi hal yang penting dalam meneruskan tongkat estafet di BUMN. Erick berpesan kepada generasi muda untuk menjaga dua fokus utama BUMN yakni sebagai agen pembangunan dan penyeimbang pasar.

"BUMN itu sebuah institusi yang bisa mendobrak ketika tidak ada keseimbangan pasar, contoh harga masker saat awal covid, saat ada bencana, dan kita juga mendorong program yang benar-benar bisa dirasakan masyarakat," ucapnya.

Tak hanya itu, Erick mengatakan CSR BUMN pun saat ini punya hanya fokus pada tiga hal yaitu pendidikan, lingkungan hidup, dan UMKM. Dari segi korporasi, Erick terus menekankan program BUMN harus berdampak pada penciptaan lapangan kerja. 

Hal itu terbukti dengan bertumbuhnya 7,1 juta nasabah PNM Mekaar selama pandemi covid-19 sehingga total nasabah Mekaar telah mencapai 12,7 juta orang dan ditargetkan terus meningkat hingga 14 juta nasabah.

Baca juga : Erick Sebut Transformasi Kultural BUMN Jadi Kunci Menangkan Persaingan

"Semua program-program ini bisa terjadi kalau BUMN sehat, tidak mungkin ini terjadi kalau BUMN-nya bangkrut. Karena itu, penting sekali BUMN harus kembali ke khittah, menjadi perusahan yang sehat dan mampu bersaing tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia," lanjut Erick.

Erick menyampaikan transformasi BUMN juga bertujuan untuk mengembalikan kekayaan sumber daya alam (SDA) dan market besar untuk pertumbuhan dan kesejahteraan bangsa. Erick menyebut selama ini SDA dan market besar Indonesia hanya menjadi sumber untuk pertumbuhan dan pembukaan lapangan kerja bangsa lain.

"Populasi kita besar, anak muda pasti mainnya gim tapi gimnya tidak ada buatan kita. Artinya ekonomi diambil, uang diambil, untuk pertumbuhan ekonomi mereka, yang salah kita atau mereka, yang salah kita," ungkap Erick.

Erick menaruh harapan besar terhadap generasi muda untuk melanjutkan kesuksesan transformasi di BUMN. Erick menyampaikan, pendapatan konsolidasian BUMN pada 2021 tercatat mencapai Rp1.983 triliun atau setara 99 persen atas realisasi pendapatan negara 2021. 

Sementara kontribusi BUMN melalui dividen, pajak, dan PNBP pada 2021 mencapai Rp371 triliun, serta total aset BUMN pada 2021 sebesar Rp8.998 triliun atau setara 53 persen atas PDB Indonesia 2021.

"Laba bersih BUMN pada 2021 itu Rp90 triliun, naik 600 persen dibandingkan 2020. Ini kerja keras direksi dan komisaris yang saya harapkan juga ini calon pemimpin ke depan harus menjaga ini. Saya selalu menekankan, saya bukan menteri kebijakan, tapi saya menteri korporasi, artinya ada tanggung jawab kita harus baik bukunya, keuntungan akan kita kembalikan kepada negara dalam melakukan program untuk rakyat," pungkas Erick. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antata

PUPR Salurkan 60.706 Unit Bantuan Rumah Swadaya

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:48 WIB
Pada 2022 Ditjen Perumahan PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp2,23 triliun untuk program...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Airlangga Sebut Kasus Harian Covid-19 Masih Level Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:00 WIB
Negara lain yang memiliki jumlah kasus harian cukup tinggi sampai 28 Juni 2022 adalah India dengan 14.529 kasus, Inggris dengan kasus...
Antara

OJK: Penghimpunan Dana di Pasar Modal Capai Rp102,9 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:52 WIB
Hingga 24 Juni 2022, OJK mencatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 1,5%, jika dibandingkan dengan akhir Mei 2022 (mtd) ke level...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya