Senin 16 Mei 2022, 09:27 WIB

Kebakaran Kilang Balikpapan Tewaskan Satu Pekerja

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kebakaran Kilang Balikpapan Tewaskan Satu Pekerja

ANTARA FOTO/Humas Pertamina
Sebelumnya pada Jumat ( 4/3/2022), kilang minyak di area RU V Pertamina, Karanganyar, Balikpapan, Kaltim, juga mengalami kebakaran.

 

KEBAKARAN yang terjadi di kilang minyak Pertamina, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (15/5) menewaskan satu orang pekerja Pertamina.

Terdapat tiga korban, dua orang di antaranyayang terpapar panas yang merupakan pekerja dari kontraktor selamat dengan telah kembali dari RS Pertamina Balikpapan.

"Sedangkan, satu orang lagi tidak berhasil diselamatkan merupakan pekerja kontraktor," ungkap Area Manager Communication, Relation & CSR Kilang Balikpapan Ely Chandra dalam keterangan resmi yang dikutip, Senin (16/5).

Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional mengaku telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex.

Baca juga: Kilang Balikpapan Kebakaran, Pertamina: Sudah Terkendali

Ely berujar kondisi sudah terkendali dan terus dilakukan proses pendinginan. Namun, Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara pada Minggu kemarin.

"Dalam kurun waktu sekitar 1 jam yakni pada pukul 11.31 WITA api telah berhasil dipadamkan," sebutnya.

GM Kilang Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo mengungkapkan rasa bela sungkawa atas berpulangnya korban, dan memohon maaf kepada keluarga korban atas insiden kebakaran tersebut.

"Kami akan memastikan penanganan akan dilaksanakan semaksimal mungkin kepada semua korban," ucapnya.

Plant tersebut diketahui menghasillan bahan baku gasoline, dan untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku akan dilakukan pengoptimalan stok di tangki dan pengaturan produksi di kilang Balikpapan.

Saat ini tim internal terus melakukan upaya recovery operasional Kilang Balikpapan agar segera kembali beroperasi maksimal. Untuk sementara waktu, alih suplai sedang disiapkan, berkoordinasi dengan Pertamina Group untuk memastikan tidak adanya gangguan dalam suplai BBM kepada masyarakat. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Dok. BNI

HUT Ke-76, BNI Gelar Akad 5.476 Debitur FLPP

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:51 WIB
Pelaksanaan akad massal dimulai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pengembang rumah subsidi dan...
Ist

Pekerja Bukan Penerima Upah Diharap Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:35 WIB
Mulai dari sopir angkutan, pemilik warung, petani, dan pelaku UMKM bisa mengikuti program Bukan Penerima Upah (BPU) diharapkan menjadi...
Dok MI

Wapres Siapkan Strategi Terkait Naiknya Hewan Kurban Akibat PMK

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:32 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyiapkan strategi terkait naiknya harga hewan kurban akibat merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya