Minggu 24 April 2022, 17:28 WIB

Langkah Erick Thohir Selamatkan Garuda Diapresiasi

mediaindonesia.com | Ekonomi
Langkah Erick Thohir Selamatkan Garuda Diapresiasi

dok.Ant
Ilustrasi: armada pesawat PT Garuda Indonesia

 

KARTIKA Sutandi CFA, Chief Marketing Officer (CMO) PT Jarvis Aset Manajemen mengapresiasi gebrakan Menteri BUMN Erick Thohir dalam upaya pembenahan PT Garuda Indonesia. Agar pembenahan Garuda paripurna, Kartika mengatakan, masih memerlukan lebih banyak gebrakan dan pembenahan yang harus dilakukan oleh Erick Thohir.

Beberapa langkah penyelamatan dilakukan Erick Thohir seperti pengungkapan kasus Moge, pelaporan korupsi ke Kejagung hingga mendorong tambahan modal melalui Penyertaan Modal Negara (PMN).

Untuk penyehatan Garuda yang menyeluruh, Kartika meminta agar Erick tak hanya berhenti di pemberian PMN saja. Beberapa langkah kongkrit perbaikan Garuda yang harus segera dilakukan oleh Menteri Erick adalah pembenahan tata niaga dari avtur di Indonesia.

Dia menjelaskan, selama ini cost airline mayoritas dihabiskan untuk membeli avtur. Saat ini avtur yang dijual Pertamina 30% lebih mahal jika dibandingkan membeli di luar negeri.

Kartika meminta agar Erick dapat membuka kompetisi penjualan avtur diseluruh bandara di wilayah Indonesia. Jika kompetisi penjualan avtur tak dapat terwujud, Kartika memastikan harga tiket penerbangan di Indonesia tak akan bisa bersaing dengan negara lain.

"Menteri Erick harus membuka kesempatan kepada pemain avtur lainnya untuk dapat masuk ke seluruh bandara di Indonesia. Tujuannya agar menciptakan kompetisi yang sehat dipengisian avtur. Jika harga avtur Pertamina dapat bersaing, akan membuat harga tiket menjadi murah. Demand crate price. Price can be chiper," kata Kartika dalam keterangannya, Minggu (24/4)

Selain selama ini banyak leasing yang dipergunakan oleh Garuda dinilai terlalu mahal. Banyak biaya leasing yang selama ini dimarkup oleh oknum management Garuda. Ini membuat BUMN aviasi Indonesia ini tak mampu bersaing dengan perusahaan penerbangan lainnya.

Baca Juga: Kejagung Periksa Mantan Dirkeu Garuda Soal Korupsi Pengadaan ...

Ini yang menurut Kartika membuat tiket Garuda tak bisa bersaing dengan airline lainnya yang menerapkan full service.

"Ini tugas yang harus segera dilakukan oleh Menteri Erick dan jajaran management Garuda untuk melakukan renegosiasi leasing. Termasuk menekan leasing agar melakukan hapus buku (write-off) atau memberikan bunga nol persen ke Garuda. Penundaan hutang melalui PKPU hanya membantu sementara di cashflow. Namun beban perseroan masih belum akan hilang ,"kata Kartika.

Langkah selanjutnya yang harus segera dilakukan oleh Menteri Erick dan management Garuda adalah melakukan peninjauan ulang rute yang dimiliki oleh Garuda. Rute internasional yang dimiliki Garuda seperti Jakarta-London merupakan jalur yang membuat keuangan perseroan selama ini berat.

 Ada baiknya Pak Erick memerintahkan Garuda Indonesia untuk memaksimumkan dan memfokuskan bisnisnya di rute-rute domestik. Tujuannya agar Garuda dapat fokus melayani konektivitas masyarakat Indonesia.

Kartika juga meminta agar Menteri Erick melakukan evaluasi mendalam terhadap maintenance yang dilakukan Garuda selama ini. Jika dirasa maintenance yang dilakukan Garuda di PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF Aero Asia) tak dapat bersaing dengan yang ada di luar, harusnya management dapat mencari tempat perawatan pesawat lainnya yang dapat memberikan penawaran harga terbaik. Jika di GMF Aero Asia masih dapat bersaing maka dapat terus dilanjutkan.

"Biaya perawatan pesawat juga memegang porsi yang besar di beban operasional perseroan. Kalau Garuda masih melakukan pemeliharan pesawat di tempat yang mahal, tetap PMN yang diberikan Pemerintah tak akan membantu perbaikan kinerja Garuda,"ungkap Kartika.

Selama ini Garuda menjual tiket dengan harga premium. Meski menjual tiket dengan harga Premium namun tak membuat Garuda menjadi perusahaan aviasi yang memiliki kinerja keuangan yang bagus. Melihat hal ini, Kartika meminta agar Menteri Erick Thohir dapat segera melakukan pembenahan dan pembersihan menyeluruh di Garuda.

"Garuda menjual tiket mahal namun tak untung berarti selama ini ada 'maling' di dalam Garuda. Pak Erick  harus tegas membersihkan seluruh tikus-tikus yang selama ini menggerogoti Garuda. Jangan sampai Garuda yang sudah diberi tambahan PMN, tetap merugi karena belum dilakukan pembersihan di Garuda,"kata Kartika.

Sehingga pembenahan menyeluruh Menteri Erick di Garuda yang harus segera dilakukan agar ekuitas perseroan tidak semakin terpuruk. (OL-13)

Baca Juga

Dok. Kementan

Mentan SYL Dorong Petani Beradaptasi dengan Tantangan Alam

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 16:21 WIB
Menurutnya, TOT mengenai praktik pertanian ramah lingkungan seharusnya bisa menghasilkan sesuatu yang bisa diimplementasikan di...
Dok. BNI

HUT Ke-76, BNI Gelar Akad 5.476 Debitur FLPP

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:51 WIB
Pelaksanaan akad massal dimulai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pengembang rumah subsidi dan...
Ist

Pekerja Bukan Penerima Upah Diharap Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:35 WIB
Mulai dari sopir angkutan, pemilik warung, petani, dan pelaku UMKM bisa mengikuti program Bukan Penerima Upah (BPU) diharapkan menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya