Senin 04 April 2022, 16:54 WIB

Covid-19 Mereda, Pemerintah Berencana Buka Kembali Sejumlah Bandara Internasional

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Covid-19 Mereda, Pemerintah Berencana Buka Kembali Sejumlah Bandara Internasional

Antara
Sejumlah calon penumpang berjalan di area terminal keberangkatan Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (24/3/2022).

 

PEMERINTAH memutuskan untuk membuka kembali bandara-bandara yang menjadi pintu masuk kedatangan warga negara asing di Indonesia. Beberapa bandara yang dimaksud meliputi Kualanamu, Yogyakarta, dan Makassar.

Keputusan pembukaan gerbang masuk internasional itu didasarkan pada data Global Normalcy Index yang memberi Indonesia nilai 68 dari 100 dalam pelaksanaan aktivitas secara normal pada masa pandemi covid-19.

Baca juga: Epidemiolog: Indonesia Harusnya Lockdown Total, Contoh Malaysia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan semestinya Indonesia memperoleh skor yang jauh lebih tinggi mengingat varian omikron sudah bisa ditangani dengan sangat baik.

Rendahnya nilai tersebut, lanjut dia, tidak terlepas dari kebijakan pemerintah yang masuh sangat membatasi aktivitas penerbangan mancanegara..

"Aktivitas penerbangan internasional kita masih jauh dari normal. Oleh karena itu, Pemerintah akan membuka bandara-bansara internasional.

Tidak hanya itu, pemerintah juga akan merelaksasi kebijakan penggunaan visa dengan mengadopsi aturan yang diterapkan sebelum pandemi.

Baca juga: Banjir Bandang Rusak Lahan Pertanian Warga Lembang

Regulasi terkait warga dunia yang datang ke Indonesia juga akan diperlonggar.

"Kita akan relaksasi sehingga jumlah penerbangan yang masuk dapat meningkat tanpa menyebabkan penumpukan di bandara. Untuk detail mengenai hal ini masih akan dibahas dan diputuskan dan akan segera berlaku apabila surat edaran Satgas Penanganan covid-19 sudah diterbitkan," tandasnya. (Pra/A-3)

Baca Juga

dok.Ant

Harga Tepung Terigu Melambung, Ukuran Roti Diperkecil

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 12:45 WIB
MELONJAKNYA harga tepung terigu hingga mencapai kenaikan 50%, membuat pelaku usaha roti di Kota Pematangsiantar Sumut memperkecil ukuran...
BPMI SETPRES/LAILY RACHEV

Sejumlah BUMN Peringkat Teratas 100 Perusahaan Terbesar Indonesia, Erick: Alhamdulillah!

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 11:57 WIB
Sejumlah BUMN menduduki peringkat teratas dalam daftar 100 perusahaan terbesar yang dikeluarkan Majalah Fortune Indonesia berdasarkan...
Ist

Dapat Rp249 M, Waskita Percepat Proyek Infrastruktur KEK Tanjung Lesung

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 10:07 WIB
Proyek pengamanan pantai senilai Rp249 miliar ini membutuhkan waktu pengerjaan 1080 hari dan ditargetkan selesai pada akhir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya