Selasa 29 Maret 2022, 13:54 WIB

Wapres Ajak Hipmi Cetak Pengusaha Berbasis Syariah

Emir Chairullah | Ekonomi
 Wapres Ajak Hipmi Cetak Pengusaha Berbasis Syariah

ANTARA/Kornelis Kaha
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

POTENSI ekonomi syariah dinilai cukup tinggi untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Karena itu, ungkap Wakil Presiden Ma’ruf Amin, pemerintah mengajak pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indinesia (Hipmi) mencetak pengusaha ataupun unit bisnis berbasis syariah. 

"Hipmi memiliki peran strategis untuk menciptakan menginkubasi pengusaha-pengusaha syariah di berbagai daerah. Menghijrahkan, migrasi dari konvensional ke syariah, dengan demikian saya kira itu tugas Hipmi,” ujar Ma'ruf dalam sambutannya di Pembukaan Gerakan Hipmi SyariahPreneur Indonesia di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (29/3).

Menurut Ma’ruf, saat ini sektor usaha merupakan penyumbang PDB nasional terbesar yaitu lebih dari 60% PDB secara nasional. Mereka memberikan lapangan kerja masyarakat, sehingga masyarakat bisa semakin banyak yang memiliki penghasilan. "Komponen penggerak terakhir adalah pengusaha muda, dan aktif mendorong ekonomi Indonesia menjadi bangkit, kuncinya terletak kejelian, untuk mengubah tantangan menjadi peluang baru," jelas Wapres.

Baca juga: Perkuat Kerja Sama Industri Syariah Global, BPKH Gelar GIIF 2022

Ma’ruf menjelaskan, saat ini ekonomi syariah juga tertekan sama halnya seperti kondisi keuangan konvensional. Untuk keluar dari situasi tersebut maka dalam hal ini peran pengusaha cukup dibutuhkan. 

"Tahun 2022 masih menjadi tahun yang penuh ketidakpastian, yang harus kita navigasi dengan keberanian dan kehati-hatian, pemulihan global masih terbayangi inflasi dan utang," ujarnya.

Terkait dengan itu, lanjutnya, Hipmi diharapkan terus mencetak pengusaha-pengusaha baru, baik yang berada di daerah maupun yang berada di luar daerah. Membesarkan yang kecil dan mengembangkan yang sudah besar. 

"Hipmi memiliki peran strategis menginkubasi pengusaha di berbagai daerah, sekaligus memperbanyak pengusaha nasional yang syariah, saya minta ada inkubasi yang di munculkan," tegasnya.

Menurutnya prinsip syariah dijadikan pedoman dalam rangka memakmurkan bumi agar manusia tidak melupakan Allah sebagai pencipta alam semesta. 

"Pedoman diberikan supaya bisa membangun kunci kemakmuran itu jangan sampai melupakan iman kita kepada Allah. Maka harus dijalankan sesuai dengan prinsip syariah, sebab syariah itu sebenarnya untuk tantangan dan pedoman dan hidup yang diberikan Allah untuk kita,” tandasnya. (A-2)

Baca Juga

Antara

Menteri ATR Pastikan tidak Ada Pungli dalam Program PTSL

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:42 WIB
Hadi juga menginstruksikan seluruh jajarannya untuk mengakselerasi pendaftaran bidang tanah melalui program Pendaftaran Tanah...
Dok Experience Thailand 2022

Kantor Atase Perdagangan Thailand Hadirkan Experience Thailand 2022 di Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:26 WIB
Kementerian Perdagangan Pemerintah Kerajaan Thailand bertujuan untuk mempromosikan hubungan erat antara Indonesia dan Thailand melalui...
Antara

Stok dan Harga Pangan Aman, Presiden Apresiasi Mentan

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 07 Juli 2022, 12:43 WIB
Presiden Joko Widodo mengapresiasi kinerja Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang bisa menjaga kuantitas produksi pangan utamanya beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya