Rabu 27 Oktober 2021, 17:42 WIB

Underpass Bulak Kapal Bekasi Selesai Lebih Cepat pada Akhir Tahun 2021

mediaindonesia.com | Ekonomi
 

PEMBANGUNAN underpass Bulak Kapal di Kota Bekasi, Jawa Barat, ditargetkan selesai pada akhir 2021. Capaian tersebut akan lebih cepat dari jadwal pengerjaan dalam kontrak yang menyebutkan rampung pada pertengahan Maret 2022.

Keberadaan underpass yang dibangun dengan anggaran Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat senilai Rp87,317 miliar tersebut diharapkan dapat memperlancar arus kendaraan di ruas jalan nasional Ir. H Juanda yang terhubung dengan jalan kota Ir, Joyo Martono dan Jalan Pahlawan.

“Masa konstruksi dimulai 20 September tahun 2020, masa pelaksanaan 540 hari kalender, dan jadwal PHO (Provisional Hand Over) pada 17 Maret 2022. Saat ini tim lapangan beserta kontraktor berusaha mempercepat pekerjaan di lapangan dengan ditagetkan selesai pada 31 Desember 2021, lebih cepat dari awal,” ungkap Pejabat Pembuat Komitmen 1.5 Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker Pelaksanaan Jalan Nasional) I Andy Suryanto.

Berdasarkan data progres fisik konstruksi, sampai minggu ketiga Oktober sudah mencapai 90,438%. Ini melampaui target rencana kemajuan progres pekerjaan yang ditetapkan sebelumnya yaitu 82,865%.

Underpass Bulak Kapal memiliki panjang 690 meter. Namun panjang efektif beserta frontage-nya menjadi 930 meter.

Andy mengatakan underpass ini akan mengatasi dua masalah di persimpangan Bulak Kapal yang terjadi selama ini. Yaitu pertama untuk jalur menerus yang di jalan Ir. H. Juanda memiliki hambatan sebidang dan yang kedua di Jalan Kota Pahlawan ada perlintasan kereta api.

“Selain itu, arus lalu lintas kendaraan wilayah Bulak Kapal akan semakin meningkat ke depannya terkait adanya rencana pintu keluar tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) di Bekasi Timur serta pembangunan double track kereta api,”  sambungnya.

Untuk pembebasan lahan sendiri dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi. Andy menuturkan dirinya mewakili Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat mengapresiasi kerja sama dan koordinasi dengan Pemkot Bekasi.

Pada fase awal pekerjaan di tahun lalu, pembebasan tanah sebesar 95%. Namun pada pertengahan tahun pengadaan lahannya sudah 100%.

Menceritakan mengenai tantangan konstruksi di areal perkotaan yang padat, menurut Andy, utamanya adalah mengenai manajemen lalu lintas. Situasi tersebut berhasil dihadapi dengan koordinasi yang baik dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan Kota Bekasi, serta Kepolisian melalui Satuan Lalu Lintas Metro Bekasi.

“Tantangan kedua, bekerja kondisi pandemi, terkait pengaturan tenaga kerja, jam kerja harus disesuaikan, kondisi pandemik ini kebutuhan material besi mengalami lonjakan tinggi. Ada kendala supply chain pada awal-awal pekerjaan. Namun alhamdulilah sudah tersekesaikan,” sebutnya.

Underpass Bulak Kapal direncanakan juga akan ada aspek beautifikasi dengan mengedepankan seni dan budaya lokal Betawi Bekasi. Penambahan keindahan dilakukan di antaranya dengan ornamen lokal visual tari topeng di dindingnya dan ornamen bambu runcing sebagai simbol patriot yang merupakan julukan Kota Bekasi. (rnd/OL-10)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Pamerkan Produk Pertanian Nusantara di Acara ODICOFF

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 10:33 WIB
Kopi khas Indonesia yaitu Kopi Gayo, Kopi Lintong, Kopi Mandailing, Kopi Jawa, Kopi Luwak, Kopi Kintamani Bali, Kopi Toraja, dan Kopi...
DOK KEMENPERIN

Kemenperin Usung Eksistensi Making Indonesia 4.0 di ITAP 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 10:22 WIB
Dirjen KPAII menjelaskan, berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, terdapat tujuh sektor industri yang mendapat prioritas...
DOK Sinar Mas Land.

Green Office Park 1 Menjadi Tuan Rumah GBC Ideas 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:40 WIB
GBC Ideas merupakan kegiatan tahunan yang diadakan GBC Indonesia untuk kompetisi inovasi dan terobosan baru dalam pembangunan green...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya