Senin 13 September 2021, 09:36 WIB

Pesan Mentan untuk Petani Milenial Kaltara: Bertani Itu Keren

mediaindonesia.com | Ekonomi
Pesan Mentan untuk Petani Milenial Kaltara: Bertani Itu Keren

Ist
Mentan Syahrul Yasin Limpo mengikuti kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi Petani Milenial di Bulungan, Kalimantan Utara.

 

PADA kunjungan kerjanya ke Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), Sabtu (11/9), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyempatkan diri menyapa petani milenial di sana. Mentan pun menyampaikan pesan jika bertani itu keren. 

Di Kabupaten Bulungan, Mentan Syahrul menyapa 27 petani milenial yang mengikuti kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi Petani Milenial. yang dilangsungkan di Gedung Gadis Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, pada 11-13 September.

"Saya senang dapat hadir di tengah kalian, Kalian itu punya peran penting, karena masa depan pertanian Indonesia ada di pundak kalian. Saya senang makin banyak anak muda yang terjun ke bidang pertanian, karena bertani itu keren," katanya. 

Untuk itu, Mentan menugaskan Kepala Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BBPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, agar terus genjot penumbuhan 2,5 juta petani milenial di seluruh Indonesia.

Kepala Badan BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan salah satu upaya untuk menumbuhkan minat generasi muda di bidang pertanian adalah melalui pelatihan. 

“Dengan kegiatan pelatihan, diharapkan para petani milenial peserta pelatihan dapat bersinergi melakukan resonansi menumbuhkan minat petani muda di seantero tanah air," katanya pada keterangan pers, Senin (13/9).

Menurut Dedi, dalam pelatihan ini, materi yang yang dibangun agar petani milenial dan petani andalan mampu membangun jiwa kewirausahaan, pemasaran terkait eksport dan membangun KUR kerjasama dengan bank.

Seiring dengan arahan Mentan, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang mendukung program Kementan tersebut dengan melaksanakan Pelatihan Kewirausahaan bagi Petani Milenial.

Kepala BBPP Binuang, Yulia Asni Kurniawati, mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program penumbuhan 2.500.000 petani milenial se-Indonesia.

Pelatihan kewirausahaan petani milenial tersebut adalah kelanjutan dari pelatihan Kewirausahaan bagi Petani Milenial secara virtual yang dibuka Mentan Syahrul, 6 September lalu.

Selanjutnya Pelatihan Kewirausahaan bagi petani milenial ini akan dilaksanakan secara bertahap di Kalimantan Selatan, Timur, Tengah dan Barat.

"Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membangun jiwa kewirausahaan bagi petani milenial," tutup Yulia. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

Merger Indosat-Hutchison 3 Indonesia Momentum Penataan Frekuensi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 September 2021, 19:50 WIB
Penguasaan frekuensi oleh negara, menurut Marwan Batubara, merupakan wujud bangsa Indonesia...
Antara/Fikri Yusuf

Dikeluhkan PHRI, Sandiaga Wacanakan Sertifikasi CHSE tidak Hanya Dikeluarkan Satu Lembaga 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 27 September 2021, 19:01 WIB
CHSE merupakan proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, destinasi dan produk pariwisata lainnya untuk menjaminan kepada...
Antara/Fikri Yusuf

PHRI Tolak Program Sertifikasi CHSE yang Digagas Sandiaga

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 27 September 2021, 18:48 WIB
Menurut Sutrisno, program CSHE ini tidak gratis. Artinya untuk mendapatkan sertifikasi CHSE pelaku industri hotel harus mengeluarkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Meretas Asa Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Potensi besar hanya akan tetap menjadi potensi bila tidak ada langkah nyata untuk mewujudkannya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya