Jumat 03 September 2021, 21:26 WIB

AS hanya Tambahkan 235.000 Pekerjaan pada Agustus

Mediaindonesia.com | Ekonomi
AS hanya Tambahkan 235.000 Pekerjaan pada Agustus

AFP/Olivier Douliery.
Seorang wanita berjalan dengan tulisan Sekarang Mempekerjakan di luar toko pada 16 Agustus 2021 di Arlington, Virginia, AS.

 

AMERIKA Serikat hanya memperoleh 235 ribu pekerjaan pada bulan lalu, menurut data pemerintah yang dirilis Jumat (3/9). Angka ini jauh di bawah ekspektasi yang mungkin mengindikasikan varian delta menekan pemulihan ekonomi AS.

Angka yang dilaporkan oleh Departemen Tenaga Kerja pada Agustus itu turun tajam dari posisi 1,1 juta pada Juli dan Juni 962 ribu. Meskipun demikian, tingkat pengangguran tetap turun menjadi 5,2% dari 5,4%.

Sementara mereka dengan tepat memprediksi tingkat pengangguran, analis memperkirakan ekonomi akan mendapatkan 750.000 pekerjaan bulan lalu yang ternyata meleset. Perekrutan yang lemah terjadi ketika negara bagian dan bisnis memberlakukan persyaratan mengenakan masker dan batasan lain untuk menangkis varian delta yang menyebar cepat.

"Ekonomi tidak dapat pulih dan dibuka kembali sepenuhnya kecuali kita dapat menahan penyebaran virus yang menghancurkan," tulis Diane Swonk dari Grant Thornton di Twitter tentang data tersebut. Setelah ekonomi kehilangan jutaan pekerjaan ketika pandemi dimulai tahun lalu, vaksin covid-19 telah memungkinkan perekrutan kembali yang kuat dalam beberapa bulan terakhir. Akan tetapi laporan itu mengatakan 8,4 juta orang tetap menganggur di seluruh negeri.

Ada tanda-tanda tidak menyenangkan untuk ekonomi terbesar dunia di tempat lain dalam laporan tersebut. Sektor rekreasi dan perhotelan, yang menanggung beban PHK awal saat pandemi dimulai, telah menambahkan rata-rata 350.000 posisi per bulan selama enam bulan terakhir, tetapi pada Agustus hanya nol.

Tidak ada peningkatan baik dalam tingkat partisipasi angkatan kerja, yang berada di 61,7% pada Agustus. Angkanya sekitar kisaran yang telah bertahan selama lebih dari setahun.

Di antara kelompok ras, pria dewasa dan orang kulit putih Amerika melihat tingkat pengangguran mereka menurun. Namun pengangguran sedikit berubah untuk orang lain, termasuk orang kulit hitam Amerika dengan 8,8% dan Hispanik 6,4%.

Baca juga: Kebutuhan Kredit UMKM yang belum Terpenuhi Rp1.605 Triliun

Industri yang menambah pekerjaan bulan lalu termasuk layanan profesional dan bisnis yang naik 74.000, transportasi dan pergudangan naik 53.000, dan pendidikan swasta bertambah 40.000. (AFP/OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Kolaborasi Tingkatkan Akses Masyarakat dalam Berinvestasi Global

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 23:05 WIB
Dana investasi ini juga diinvestasikan secara global di saham-saham perusahaan inovatif (megatrend) yang merupakan perusahaan global dan...
Dok Aksrindo

KUR dan Kredit Pemulihan Ekonomi Naik Drastis, Askrindo Tumbuh Melesat

👤Iis Zatnika 🕔Senin 06 Desember 2021, 21:09 WIB
Tanggung jawab perusahaan meliputi aspek sosial, ekonomi dan...
DOK OJK

OJK dan IJK Serahkan Donasi Bencana Erupsi Gunung Semeru

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 20:50 WIB
Program 'OJK dan IJK Peduli Bencana' akan terus dibuka dan dikoordinir oleh OJK untuk mengumpulkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya