Senin 16 Agustus 2021, 10:35 WIB

Presiden Pastikan Arah Kebijakan Selama Pandemi Sangat Jelas

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden Pastikan Arah Kebijakan Selama Pandemi Sangat Jelas

MI/Susanto
Pidato Presiden Joko Widodo yang disaksikan dari layar besar di Gedung DPR-MPR

 

Presiden Joko Widodo menegaskan tujuan dan arah kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi sudah sangat jelas dan konsisten. Keseimbangan antara gas dan rem, keseimbangan antara kepentingan kesehatan dan perekonomian, selalu menjadi konsentrasi utama.

Dalam mengambil setiap keputusan, pemerintah juga berpegang pada data serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Strategi dan manajemen lapangan diterapkan secara dinamis menyesuaikan permasalahan dan tantangan.

"Pengetatan dan pelonggaran mobilitas masyarakat, misalnya, harus dilakukan paling lama setiap minggu dengan merujuk kepada data terkini. Mungkin hal ini sering dibaca sebagai kebijakan yang berubah-ubah, atau sering dibaca sebagai kebijakan yang tidak konsisten. Justru itulah yang harus kita lakukan, untuk menemukan kombinasi terbaik antara kepentingan kesehatan dan kepentingan perekonomian masyarakat," ucap Jokowi dalam pidatonya di Sidang Tahunn MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (16/8).

Baca juga:  Presiden Sebut Pandemi Memacu Bangsa Berubah Menjadi Lebih Baik

Pengetatan mobilitas yang tidak bisa dihindari juga membuat pemerintah harus memberikan bantuan sosial yang lebih banyak dibanding pada situasi normal.

Program Keluarga Harapan, Kartu Sembako, Diskon Listrik, Subsidi Gaji, Bantuan Produktif Usaha Mikro, Bantuan Sosial Tunai, BLT Dana Desa, dan Program Kartu Pra Kerja juga terus ditingkatkan.

Subsidi Kuota Internet untuk daerah-daerah PPKM juga semaksimal mungkin diberikan kepada tenaga kependidikan, murid, mahasiswa, guru, dan dosen.

"Yang lebih utama dan merupakan solusi perekonomian berkelanjutan, pemerintah memastikan agar masyarakat bisa memperoleh pekerjaan yang layak dan mendongkrak perekonomian nasional," tutur mantan wali kota Solo itu.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Menhub Dorong Perusahaan Produksi Kendaraan Berbasis Motor Listrik

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:24 WIB
Kemenhub juga mendorong penyedia jasa kendaraan untuk publik menggunakan kendaraan...
DOK Pribadi.

2022 Diyakini sebagai Tahun Kebangkitan Properti

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:16 WIB
Pasalnya, Jakarta tetap akan menjadi pusat ekonomi dan bisnis. Apalagi pembangunan infrastruktur tetap berjalan seperti kereta cepat, MRT,...
Antara/Dhemas Reviyanto

Aliran Keluar Modal Asing dari Indonesia DIprediksi Hanya Berlangsung Singkat 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:30 WIB
Lebih lanjut, Josua menjelaskan, aliran modal asing yang keluar secara khusus berlangsung di pasar SBN, mengingat di pasar saham masih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya