Jumat 23 Juli 2021, 18:51 WIB

Luhut Libatkan Tokoh Agama Kampanyekan Prokes

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Luhut Libatkan Tokoh Agama Kampanyekan Prokes

Antara
Ilustrasi

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak tokoh agama untuk sosialisasi protokol kesehatan (prokes) guna memaksimalkan penerapan PPKM.

“Saya minta menteri agama untuk memobilisasi para penyuluh agama hingga ke tingkat desa dan tokoh agama mengenai 5M," kata Luhut dalam keterangannya, Jumat (23/7).

Protokol kesehatan 5M yang dimaksud Luhut antara lain mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Menko Marves menambahkan, dalam sosialisasi prokes dari tokoh agama ini dipimpin oleh Kepala BNPB sekaligus Kasatgas COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito bersama Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

"Mohon Kepala BNPB jadi ketuanya, dengan kampanye diprioritaskan di daerah padat penduduk di 7 wilayah aglomerasi Pulau Jawa dan Bali," kata Luhut.

Menanggapi Luhut, Menteri Agama menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan semua kebijakan yang tentunya akan mengurangi/ menahan laju virus.

“Untuk tokoh agama Ini kami lakukan secara berjenjang dengan penyuluh agama untuk ini agar Senin (26/7) mereka bisa on fire,” seru Menteri Yaqut.

Dijelaskannya, terdapat 40-50 ribu penyuluh agama di bawah Kementerian Agama hingga level desa yang dapat difungsikan sebagai duta kampanye penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi kepada tokoh agama dan masyarakat.

Sementara itu, Kepala BNPB Sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito yang ditetapkan sebagai penanggung jawab 5M ini mengungkapkan, sudah melakukan beberapa langkah untuk kampanye ini, seperti penyusunan materi yakni antara lain pedoman dan panduan untuk baha sosialisasi ke masyarakat.

“Untuk materi ini sudah disiapkan satgas panduan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) untuk menscreening secara mandiri, bagaimana prokes di rumah, bagaimana prokes dari dan ke tempat kerja, dan lainnya," tandasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

ANTARA

Jokowi Sebut Ekonomi Bali Perlu Transformasi

👤Dhika kusuma winata 🕔Jumat 03 Desember 2021, 16:15 WIB
Jokowi memahami kondisi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Bali mengalami penurunan besar lantaran yang terganggunya pariwisata di masa...
DOK MI.

Komitmen Investasi di Kawasan Industri Kaltara Capai Rp1.800 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 03 Desember 2021, 15:50 WIB
Luas kawasan industri yang ada di Tanah Kuning mencapai 10.100 hektare dan ditetapkan sebagai Program Strategis Nasional...
DOK SHOPEEPAY

Jarang Disadari, Ini 4 Tren di 2021 yang Bisa Bikin Tambah Cuan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:58 WIB
Buat kamu yang belum sadar akan kehadiran tren finansial di sepanjang tahun ini, jangan khawatir, kamu masih bisa ikut mencoba menerapkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya