Selasa 29 Juni 2021, 22:55 WIB

Gorontalo Genjot Digitalisasi Pengadaan Barang dan Jasa 

mediaindonesia.com | Ekonomi
Gorontalo Genjot Digitalisasi Pengadaan Barang dan Jasa 

Dok Mbiz
Jajaran manajemen Mbizmarket seusai penandantanganan kerja sama dengan Pemprov Gorontalo secara virtual.

 

PEMERINTAH Provinsi Gorontalo siap berkolaborasi dengan mitra pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) dalam memanfaatkan platform perdagangan elektronik (e-commerce). Upaya digitalisasi pengadaan pemerintah itu sesuai dengan Peraturan Presiden No 12/2021 tentang perubahan atas Peraturan Presiden No 16/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Kolaborasi terkini dilakukan Pemprov Gorontalo dengan platform e-commerce mbizmarket.co.id untuk pengadaan barang dan jasa kebutuhan pemprov melalui program yang diberi nama Potali atau Pasar Online Gorontalo Lipu’u.

Dalam sambutan peluncuran portal Potali melalui virtual yang dilakukan Senin (28/6), Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyebut bahwa pemanfaatan platform mbizmarket.co.id itu juga dalam rangka mendorong UMKM dan koperasi untuk go digital serta melibatkan mereka pada pengadaan pemerintah.

"Kami yakin dapat memanfaatkan mbizmarket.co.id yang merupakan mitra program Bela Pengadaan yang dikembangkan oleh LKPP untuk proses pengadaan barang/jasa langsung kebutuhan pemerintah secara optimal," ujar Gubernur dalam keterangan pers, Selasa (29/6).  

Dalam kesempatan sama, Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah  LKPP Setya Budi Arijanta sependapat, melalui program Bela Pengadaan, yaitu program untuk mendukung UMKM Go Digital, pelaku usaha UMKM dipermudah untuk untuk dapat menjadi merchant di marketplace, dan barang/ jasanya dapat dibeli oleh pemerintah.  

"Artinya, pemilik usaha UMKM dapat bersaing di sektor pengadaan barang dan jasa pemerintah (PBJB), dan diharapkan transaksi dapat berjalan secara transparan," jelasnya.

Program Bela Pengadaan ini diinisiasi pada 2020, dengan harapan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 dapat segera ditolong dengan dilakukannya intervensi. UMKM merupakan sektor yang harus dapat bertahan untuk penyelamatan ekonomi nasional.

Sementara itu, Rizal Paramarta, CEO PT Brilliant E-commerce Berjaya, pengelola mbizmarket.co.id berharap dukungan mereka dapat memberikan solusi dalam  pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemprov Gorontalo. 

Mbizmarket, kata dia, juga siap membantu pertumbuhan UMKM di Gorontalo dengan membuka jaringan pasar dan akses menjadi penyedia bagi kebutuhan belanja barang/ jasa untuk menjangkau prospek pembeli yang lebih luas, baik dari kalangan pemerintah maupun swasta secara nasional. 

"Kami siap membantu dan memberikan akses permodalan bagi UMKM di Gorontalo melalui fitur layanan pinjaman di platform Mbizmarket.  Semoga dukungan kami melalui Bela Pengadaan bisa membangkitkan kembali geliat ekonomi di Gorontalo," ungkap Reza.

Dengan terealisasinya kerja sama itu, ia mengharapkan Pemprov Gorontalo bisa semakin mudah melakukan belanja barang/jasa secara daring di masa pandemi, dan dapat memberikan kesempatan bagi UMKM lokal untuk bertahan dengan menjadi penyedia bagi kebutuhan pemerintah. 

Mbizmarket telah terdaftar dan resmi sejak awal 2021 menjadi mitra program Bela Pengadaan, program yang dibesut oleh LKPP. Kini, Mbizmarket kini telah dipercaya dan dimanfaatkan oleh sembilan pemerintah provinsi di Tanah Air sejak awal 2020. (RO/X-12)

Baca Juga

Antara

Ekspor Minyak Goreng Dibuka, Presiden: Kita Tetap Awasi secara Ketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:12 WIB
Keputusan tersebut diambil setelah melihat adanya pasokan di dalam negeri yang terus...
Antara/Bayu Pratama S

Larangan Ekspor CPO Dicabut, Kebijakan Perombakan Persawitan Mendesak Direalisasikan

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:54 WIB
"Kami apresiasi, walau harga tandan buah segar (TBS) sawit para petani SPI di berbagai daerah sudah sempat sangat jatuh, belum lagi...
Dok. Pribadi

Inovasi Desain Interior Beri Kesan Mendalam Pada Suatu Bangunan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:40 WIB
Inovasi desain interior sebuah Rumah Sakit harus memperhatikan kepentingan nyawa seseorang, tidak bisa dibuat sembarangan terkait...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya