Jumat 21 Mei 2021, 17:13 WIB

Ekspor Pertanian Melesat, Politisi Nasdem Apresiasi Kinerja Mentan

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Ekspor Pertanian Melesat, Politisi Nasdem Apresiasi Kinerja Mentan

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Pembeli memilih buah pisang di Pasar Induk Cikema, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

 

POLITISI Nasdem, Irma Suryani Chaniago mengaku yakin dengan semakin baiknya perkembangan sektor pertanian Indonesia di tahun ini. Aplagi, data BPS menunjukan bahwa ekspor pertanian di periode April 2021 tumbuh positif, yakni sebesar 18,98% secara tahunan (yoy).

"Selangkah demi selangkah sektor pertanian kita menuju ke arah yang lebih baik. Tentu capaian ini diraih dengan tidak mudah, namun saya yakin melalui program yang ada, termasuk food estate dan holding pertanian, kita bisa mencapai target yang diinginkan presiden yaitu peningkatan ekspor dan mewujudkan swasembada pangan," ungkapnya dilansir dari keterangan resmi, Jumat (21/5).

Menurut Irma, peningkatan ekspor pertanian di tahun ini merupakan bukti nyata bahwa jajaran Kementan bersama pihak lainya terus bekerja keras membangun dan mengembangkan sektor pertanian yang lebih maju, lebih mandiri dan modern.

Baca juga: Indonesia dan Rusia Sepakat Perkuat Kerja Sama Bidang Pertanian

"Saya juga mengapresiasi upaya Pak Menteri (Syahrul Yasin Limpo) yang telah memberi perhatian khusus pada sarang burung walet, porang dan komoditas unggulan lainya sebagai produk ekspor. Terlebih saya melihat progres program food estate mampu menjadi andalan peningkatan pangan nasional," kata Irma.

Lebih dari itu, Irma mengaku bangga karena saat ini semua Kementerian memberi perhatian khusus terhadap sektor pertanian. Misalnya Kementerian PUPR yang mengerjakan saluran air dan infrastruktur, Kementerian Keuangan membantu penyediaan anggaran dan Kemendag membantu meningkatkan nilai jual di pasar internasional.

"Jika koordinasi ini terus berjalan baik maka program pertanian pasti mencapai target. Asalkan kementrian pertanian juga didukung untuk memperketat kontrol pengelolaan lahan dan tidak melepas pengawalan pada petani sebelum lahannya betul-betul menghasilkan," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/Haryanto

Komitmen Pertamina Distribusikan BBM Subsidi ke Penjuru Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 17:22 WIB
CORPORATE Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting berkomitmen mengawal distribusi BBM ke seluruh penjuru daerah terutama 3T...
Ist

Skin+ dan Slim+ By Euromedica Ekspansi Pasar Lebih Luas

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 16:43 WIB
Pembukaan cabang ke-32 dan ke-33 di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, bertujuan untuk mendekatkan diri serta menjawab kebutuhan kaum urban...
Dok. LandX

Kolaborasi LandX-Moka Akselerasi Pertumbuhan UMKM Lewat Bantuan Modal Usaha

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 16:41 WIB
Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya