Rabu 28 April 2021, 17:46 WIB

Bahlil: Investasi Tingkatkan Ekonomi dan Lapangan Kerja

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Bahlil: Investasi Tingkatkan Ekonomi dan Lapangan Kerja

Antara
Bahlil Lahadalia saat mengikuti rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI.

 

MENTERI Investasi yang baru dilantik, Bahlil Lahadalia, menyebut upaya menarik modal asing dan domestik merupakan kunci utama untuk meningkatkan ekonomi nasional.

Dia mengakui bahwa itu bukan tugas mudah, khususnya di masa pandemi covid-19. Kementerian Investasi dikatakannya telah menyiapkan sejumlah strategi prioritas untuk dijalankan.

Pertama, menjembatani investor dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. "Kementerian Investasi akan berperan sebagai penghubung langsung antara investor dan pemerintah. Sehingga, semua akan ada di satu pintu," ujar Bahlil seusai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4).

Baca juga: Presiden Lantik Dua Menteri dan Kepala BRIN

Kedua, kementerian yang baru dibentuk itu akan berupaya memeratakan investasi di Tanah Air. Upaya tersebut bertujuan agar aliran modal tidak hanya menumpuk di wilayah Jawa.

"Presiden berpesan agar ada investasi yang berkualitas. Pertumbuhan invstasi di luar Jawa akan terus kita dorong. Karena Indonesia itu wilayah yang luas, tidak hanya satu pulau," imbuh Bahlil.

Baca juga: Prediksi ADB, Ekonomi Indonesia Tumbuh 4,5% pada 2021

Strategi prioritas lainnya adalah merangkul sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk berkembang. Caranya dengan mengolaborasikan pelaku UMKM dengan perusahaan besar.

"Jangan hanya mengurus pengusaha besar saja. Kita juga harus mengurus UMKM. Pengusaha besar harus dikawinkan dengam UMKM. Kolaborasi ini jadi instrumen agar pertumbuhan ekonomi meningkat," jelasnya.

Pihaknya pun berharap dengan semua upaya tersebut, investasi di Tanah Air semakin meningkat. Sehingga, memperluas lapangan kerja untuk masyarakat.(OL-11)

 

Baca Juga

BPMI Setpres

Penguatan Kerja Sama BIMP-EAGA Kunci Pemulihan Ekonomi Kawasan

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:39 WIB
Ia meyakini bahwa penguatan kerja sama yang konkret dapat membantu pemulihan...
DOK/BANK BJB

Bank BJB Meluncurkan New Digi dan DigiCash

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:15 WIB
Peluncuran new digital payments ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan layanan digital Bank BJB kepada masyarakat dan...
DOK IST

Milenial Mulai Tertarik Investasi

👤Gana Buana 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:00 WIB
Didorong oleh sejumlah faktor, terutama soal kondisi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kebut Penyelesaian Sanksi WADA

Satgas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA akan bekerja lebih cepat mengingat jadwal kompetisi internasional yang padat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya