Jumat 09 April 2021, 08:40 WIB

Gerai Pangan Lokal Bogor, Sinergi BKP-Litbang Dongkrak UMKM Lokal

mediaindonesia.com | Ekonomi
Gerai Pangan Lokal Bogor, Sinergi BKP-Litbang Dongkrak UMKM Lokal

DOK KEMENTAN

 

PEMBUKAAN gerai pangan lokal di Bogor menjadi salah satu penanda tekad pemerintah dalam menguatkan aksesibilitas pangan lokal bagi masyarakat. Gerai pangan lokal ini merupakan sinergi antara Badan Ketahanan Pangan (BKP) dengan Badan Litbang Pertanian. 

"Sebagai bagian dari gerakan diversifikasi pangan, kita bersinergi dengan Litbang melalui Gerai Pangan Lokal ini, ini tugas kita bersama sebagai tim satgas diversifikasi pangan," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi, Kamis (8/4/2021). 

Seperti diketahui, untuk mendorong gerakan diversifikasi pangan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo telah membentuk tim satgas diversifikasi pangan. Satgas ini bertugas memastikan implementasi strategi diversifikasi pangan yang mencakup tiga aspek. Yaitu peningkatan produksi, penguatan aksesibilitas, dan kampanye edukasi pangan lokal. 

"Tiga strategi ini kita terus terapkan dengan tujuan untuk menurunkan konsumsi beras kita menjadi 85 kg per kapita per tahun di tahun 2024," jelas Agung. 

Leibh lanjut Agung mengatakan, keberadaan gerai pangan lokal merupakan salah satu upaya penguatan aksesibilitas pangan bagi masyarakat serta pengembangan UMKM pangan lokal melalui pola kemitraan. 

"UMKM pangan lokal ini mesti kita dongkrak agar mampu bersaing dengan cara kita fasilitasi di gerai pangan lokal. Tidak hanya itu, kita juga mendorong UMKM pangan lokal untuk masuk ke marketplace," kata Agung. 

Baca Juga: Masa Pandemi, Kontribusi Ekspor UMKM Harus Ditingkatkan

Ke depan, tambahnya, gerai pangan lokal ini akan terus dikembangkan di berbagai daerah, sehingga masyarakat mudah mengakses pangan lokal. 

Hal senada juga disampaikan Kepala Balai Besar Pascapanen Badan Litbang Pertanian, Prayudi Syamsuri, pada saat launching gerai pangan lokal Bogor, Sabtu (20/3/2021). Menurutnya, gerai pangan lokal ini sebagai sarana untuk mempertemukan produk pangan lokal dengan konsumen. Produk pangan lokal yang inovatif serta kemasan menarik diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat dalam mengonsumsi pangan lokal. 

Seperti diketahui, Gerai Pangan Lokal yang berlokasi di Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) Taman Kencana Bogor ini di-launching bersama dengan Pasar Mitra Tani. Gerai ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya Wakil Walikota Bogor Dedie A. Rachim. 

Dalam kunjungannya ke Gerai Pangan Lokal, Minggu (28/3/2021), Dedie mengajak masyarakat Bogor dan sekitarnya untuk berbelanja aneka pangan lokal di gerai ini. "Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berbelanja di gerai pangan lokal dan toko tani ini karena menyediakan pangan lokal dan pangan olahan dengan harga yang kompetitif," ujarnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Bantu Peternak Terdampak Banjir di Bima NTB

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 08:11 WIB
Bantuan stimulan bagi peternak oleh Ditjen PKH Kementan ini, selain menyasar kelompok ternak pada beberapa desa di Kecamatan Monta, ...
MI/Dok Kemenag RI

Mastuki: Bahan Halal Mendesak Disiapkan

👤Siswantini Suryandari 🕔Senin 12 April 2021, 05:30 WIB
Untuk pemenuhan bahan halal, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal mendorong perguruan tinggi melakukan riset dan...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Krisis Listrik, PLN Batu Bara Harus Bisa Beri Solusi

👤Siswantini Suryandari 🕔Senin 12 April 2021, 05:00 WIB
Laskar Rakyat Jokowi (LRJ) meminta kinerja PT PLN Batubara untuk memberikan contoh baik dalam memegang komitmen bisnis dengan mitra,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya