Kamis 01 April 2021, 19:16 WIB

Pertamina Siapkan Sanksi jika Ada Kelalaian dalam Insiden Balongan

Insi nantika jelita | Ekonomi
Pertamina Siapkan Sanksi jika Ada Kelalaian dalam Insiden Balongan

Antara/Priyo Widianto
Upaya pemadaman kebakaran kilamng Pertamina di Balongan

 

PASCAPEMADAMAN api pada insiden tangki T-301 di area Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, PT Pertamina (Persero) memastikan akan mengusut insiden tersebut. Sanksi tegas pun menanti jika didapati ada kelalaian dari pihak pengelola kilang tersebut

“Manajemen akan memberikan sanksi tegas bila ditemukan unsur kelalaian dalam insiden ini,” ungkap Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto dalam keterangannya, Kamis (1/4).

Agus menegaskan, saat ini proses investigasi penyebab insiden kebakaran pada (29/1) sedang berlangsung dan bakal dipercepat pihaknya untuk diselesaikan penyelidikan tersebut.

Menurutnya, langkah itu sesuai dengan arahan Dewan Komisaris PT. Pertamina (Persero) pada rapat koordinasi dewan komisaris dan direksi pagi hari ini. 

"Sesuai kebijakan direksi dan arahan dewan komisaris, Pertamina mendukung penuh proses investigasi yang dilakukan pihak berwenang," sebut Agus.

Baca juga : Mitratel Terus Perkuat Bisnis Menara Telekomunikasi

Lebih lanjut, dia menjelaskan, sejak insiden terjadi, Pertamina telah membentuk tim investigasi internal yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum (APH). Pertamina membuka seluas-luasnya akses kepada APH untuk melakukan investigasi.

"Tim ini akan berkoordinasi dengan pihak aparat untuk melakukan investigasi hingga tuntas. Dewan komisaris dan Direksi tidak mentolerir jika ada kelalaian di lapangan," pungkas Agus.

Sebelumnya, Pengamat ekonomi energi Universitas Padjadjaran (Unpad) Yayan Satyaki berpendapat kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, krusial dalam menjaga stabilitas energi nasional. 

Dia mendorong pemerintah untuk mulai serius membangun infrastruktur baru di sektor energi. Saat ini, dikatakan Yayan, di pulau Jawa sendiri baru ada tiga kilang minyak Pertamina yang beroperasi. Idealnya, ungkapnya, perlu ada penambahan kilang minyak baru yang mulai dibangun, baik di Jawa maupun di luar Jawa

“Ini menjadi stimulan agar kebutuhan infrastruktur khusus untuk energi segera dieksekusi,” jelas Yayan dilansir laman resmi Unpad, Selasa (30/3). (OL-7)

Baca Juga

Dok.Neutradc

Geluti Bisnis Data Center via NeutraDC, Telkom Miliki Sederet Keunggulan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 07:10 WIB
Ekspansi bisnis yang dilakukan Telkom merupakan hal yang...
DOK KEMENTAN

Respon Cepat Kendalikan PMK, Mentan SYL Bantu Obat-obatan di Sumedang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 06:59 WIB
Mentan juga memastikan bahwa ketersediaan hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha dalam kondisi yang cukup...
DOK KEMENTAN

DPR Apresiasi Kementan Tangani Wabah PMK Secara Cepat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 06:53 WIB
Penyakit PMK bukanlah penyakit yang memiliki dampak buruk terhadap kesehatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya