Selasa 30 Maret 2021, 18:58 WIB

Menperin: Kebakaran Kilang Balongan tak Ganggu Produksi Petrokimia

Insi nantika jelita | Ekonomi
Menperin: Kebakaran Kilang Balongan tak Ganggu Produksi Petrokimia

MI/Susanto
Kebakaran kilang minyak balongan

 

MENTERI Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menuturkan, kebakaran di kilang minyak milik PT Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat yang terjadi pada Senin (29/3) dini hari, tidak mengganggu produksi petrokimia. 

Dia menuturkan, kebakaran yang terjadi pada 00.45 WIB itu menyasar pada tanki T-301 di Area Kilang Balongan. Saat ini, kilang minyak Pertamina RU VI pun diketahui masih belum aktif beroperasi. 

"Laporan yang saya terima kejadian ini hanya terkena di tanki penyimpanan BBM bukan di fasilitas produksi petrokimianya. Jadi dampaknya saya kira kecil," kata Agus kepada Media Indonesia, Selasa (30/3).

Menperin meminta PT Pertamina untuk optimal dalam menangani insiden kebakaran tersebut dan juga terhadap korban yang terdampak. Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, peristiwa ini menyebabkan 932 jiwa diungsikan dan 30 orang diketahui mengalami luka ringan. 

Baca juga : Kebakaran Kilang Minyak Balongan Diduga Karena Pipa Bocor

"Mari kita berdoa agar kebakaran dapat segera tertangani dan para korban luka-luka mendapat perawatan yang baik," pungkas Agus. 

Di satu sisi produsen polipropilena (PP) PT Polytama Prodino melaporkan melakukan temporary shut down produksi menyusul insiden kebakaran tersebut.

Dilansir Argus Media, Kilang Balongan dapat memproduksi propylene hingga 490 ribu per tahun. Polytama sendiri mendapatkan sekitar 90% atau setara dengan 300 ribu per tahun dari kilang tersebut untuk kebutuhan pabrik yang dialokasikan melalui transfer pipa lokal.

Operasi di pabrik PP Polytama dalam beberapa minggu mendatang akan bergantung pada apakah pasokan bahan baku itu terganggu oleh penutupan kilang Balongan dan melihat seberapa cepat kilang tersebut dapat beroperasi kembali. (OL-7)

Baca Juga

Setneg

Airlangga: Pemulihan Ekonomi Berkontribusi Positif pada Kinerja Emiten

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 27 Juli 2021, 23:47 WIB
Perbaikan kinerja emiten, sebut Airlangga, tak lepas dari intervensi pemerintah melalui program Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi...
Dok. Jakmall

Bisnis Dropship Jadi Peluang Menarik di Tengah Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 27 Juli 2021, 23:34 WIB
Di hari jadinya yang ke-5, 1 Agustus 2021, Jakmall mengajak semua masyarakat Indonesia yang bermimpi untuk berbisnis dengan memulai...
Antara/Rivan Awal Lingga

Erick : BUMN Mesti Dorong Ekosistem Ramah Lingkungan untuk Generasi Masa Depan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 27 Juli 2021, 22:41 WIB
"Inovasi ini bisa berupa premier listrik, di mana listrik ini berdasarkan renewable energy yang kita terus lakukan transformasi sampai...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya