Selasa 09 Maret 2021, 16:57 WIB

PLN: Konsumsi Listrik pada Februari 2021 Tumbuh 1,24%

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
PLN: Konsumsi Listrik pada Februari 2021 Tumbuh 1,24%

Antara
Ilustrasi warga saat memeriksa listrik di rumah susun wilayah Jakarta.

 

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyatakan konsumsi listrik nasional pada Februari 2021 masih tumbuh 1,24%.

"Memang di Februari ini turun signifikan. Kita perhatikan akhir Januari dan awal Februari banyak kejadian alam yang tidak diinginkan. Seperti, banjir di Jakarta dan Karawang, ada angin ribut dan longsor. Ini yang menyebabkan penurunan," jelas Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dalam konferensi pers, Selasa (9/3).

Apabila melihat proyeksi, PLN optimistis konsumsi listrik nasional tumbuh di level 3%. Meski tren konsumsi listrik pada Oktober-Desember 2020 mengalami penurunan, namun sudah ada kenaikan, terutama sektor industri.

"Listrik pada sektor industri sebanyak 28% dan rumah tangga 48% dari rumah tangga. Tetapi di industri ini punya efek domino yang cukup besar," imbuh Bob.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Melanda, ESDM Pastikan tidak Ada Pemadaman Listrik

Selain itu, upaya vaksinasi covid-19 yang tengah berjalan diharapkan berkontribusi mendorong pertumbuhan konsumsi listrik pada tahun ini. Masyarakat juga diharapkan tetap beraktivitas di masa PPKM berskala mikro.

"Ini menambahkan keyakinan kita, meski ada PPKM mikro. Sehingga, ekonomi masih bisa tumbuh. Dengan cara subtitusi impor dengan produk lokal, otomatis meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas," pungkasnya.

"Masyarakat sudah mulai spending uang. Bisa dilihat pembangunan rumah sudah mulai lagi. Harapan kita pertumbuhan ekonomi di kuartal I-II 2021 bisa positif," sambung dia.(OL-11)
 

 

Baca Juga

Antara

Data CVR SJ-182 Diunduh, Percakapan 2 Jam Terungkap

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 13:58 WIB
KNKT telah berhasil mengunduh data kotak hitam atau black box berupa Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada Kamis...
MI/Ramdani

OJK: Masyarakat Masih Mudah Tertipu Tawaran Investasi

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 13 April 2021, 13:45 WIB
BANYAK kejahatan terkait penawaran investasi atau produk usaha fintech dan gadai ilegal dan masih banyak pula masyarakat yang tertipu,...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pengamat: Butuh Waktu untuk Atasi Gejolak Harga Kedelai

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 13:41 WIB
Sebagai negara yang bergantung pada komoditas impor seperti kedelai, maka permasalahan terkait fluktuasi harga di domestik merupakan sebuah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya