Selasa 22 Desember 2020, 14:45 WIB

Dampak Positif Bantuan Subsidi Upah Mulai Terlihat

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Dampak Positif Bantuan Subsidi Upah Mulai Terlihat

MI/ANDRI WIDIYANTO
Sejumlah pekerja berjalan di trotoar jalan Jenderal Sudirman, Jakarta

 

PENELITI bidang ekonomi The Indonesian Institute, M Rifki Fadilah, menilai bantuan subsidi upah (BSU) dampak positifnya sudah terlihat.

"Dampak pemberian BSU untuk buruh/pekerja salah satu jalur melihatnya bisa dari Survei Konsumen Bank Indonesia (BI)," kata Rifki saat dihubungi, Selasa (22/12).

Pada November 2020 Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) meningkat berada di angka 92, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya di posisi 79.

"Angka tersebut hampir mendekati zona optimistis pada level 100. Apa artinya? yang sudah mengindikasikan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik," jelasnya.

Baca juga: Tak Punya Rekening Bank DKI, Warga Tetap Dapat BLT Lewat PT Pos

Menurut Rifki salah satu yang menyebabkan IKK tersebut naik karena adanya pengeluaran pemerintah melalui skema bansos atau pun BSU yang memberikan buruh/pekerja daya untuk melakukan konsumsi.

"Selain itu, dampak positif BSU juga bisa dilihat dari inflasi yang trennya semakin membaik dari bulan ke bulan menuju 2%," ungkapnya.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia selama pandemi covid data inflasi terendah terjadi pada Agustus 2020 berada di posisi 1,32%. Kemudian terus merangkak naik hingga November 2020 berada di 1,59%. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Rivan Awal Lingga

Menkeu: Indonesia Butuh Rp4.520 Triliun untuk Laksanakan Komitmen Paris Agreement

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 27 Juli 2021, 21:11 WIB
Dalam komitmen tersebut, dikatakan bahwa estimasi biaya yang diperlukan untuk mencapai komitmen Indonesia tersebut mencapai Rp4.520...
Dok. LRT City

Percepat Herd Immunity, Kawasan LRT City Ciracas Dijadikan Sentra Vaksinasi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 27 Juli 2021, 21:08 WIB
Di situasi seperti sekarang kita harus bersama-sama saling jaga dan membantu antar satu sama lain agar keadaan bisa cepat kembali...
Antara/Didik Suhartono

Akun Jenius Bobol Karena Penipuan, BTPN Tidak Bisa Janjikan Dana Kembal

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 27 Juli 2021, 19:57 WIB
Berdasarkan laporan nasabah, disebutkan penipu telah memperdaya nasabah sehingga informasi yang bersifat rahasia dan pribadi diterima oleh...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya