Rabu 16 Desember 2020, 21:50 WIB

Pengusaha Sambut Baik Kebijakan Vaksin Gratis

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pengusaha Sambut Baik Kebijakan Vaksin Gratis

Antara
Presiden Joko Widodo

 

KETUA Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani memandang kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menggratiskan vaksin covid-19 merupakan langkah yang tepat.

Langkah pemerintah Indonesia tersebut, mengikuti negara lainnya seperti Prancis, Jepang, Singapura, Brasil yang memastikan memberikan vaksin korona secara gratis kepada seluruh warganya.

"Kebijakan yang sangat tepat," singkat Rosan kepada Mediaindonesia.com, Rabu (16/12).

 

Sebelumnya Rosan menyampaikan, dengan kedatangan vaksin ke tanah air, maka diyakini dapat mempercepat pemulihan ekonomi. Masyarakat akan kembali berani untuk berpergian dan belanja, di mana bisa meningkatkan daya beli yang selama ini tertahan.

 

"Dengan adanya kepastian vaksinasi, kami akan lebih punya rasa aman, percaya diri, dan bisa tingkatkan spending ke depan," kata Rosan beberapa waktu lalu.

 

Dihubungi terpisah Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bob Azam juga sependapat dengan Rosan terkait pemberian vaksin secara gratis.

 

"Saya rasa memang harusnya seperti itu, karena hal tersebut dapat membantu mempercepat implementasi vaksin dan menghindari spekulasi ada yg mengambil kesempatan," ungkap Bob.

 

Dia menilai, dalam hal ini vaksin covid-19 merupakan barang publik. Namun disatu sisi Bob meminta, pemerintah untuk mengkaji perihal keinginan pihak swasta yang menginginkan distribusi vaksin secara mandiri.

"Kiita juga harus bisa memfasiltasi kalau ada anggota masyarakat yang ingin punya pilihan dalam hal seperti waktu yang cocok dan providernya. Ini ranahnya private sector. Dua-duanya harus dikembangkan," pungkas Bob.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bakal menggratiskan vaksin covid-19. Keputusan ini diambil setelah mendengar masukan dari berbagai pihak. Dia memerintahkan Kementerian Keuangan merealokasi anggaran untuk vaksinasi 2021.

"Setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, perhitungan ulang mengenai keuangan negara dapat saya sampaikan bahwa vaksin covid-19 untuk masyarakat adalah gratis," tegas Presiden Istana Negara, Jakarta Pusat, hari ini. (OL-8)

 

Baca Juga

DOK SHOPEEPAY

ShopeePay Gandeng Viu, Mudahkan Masyarakat Nikmati Hiburan Terbaik

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 12:43 WIB
Melalui kerja sama ini, ShopeePay akan menjadi channel pembayaran digital dalam aplikasi Viu dan memungkinkan pelanggan untuk membayar...
DOK KEMENTAN

Panen di Food Estate, Gubernur NTT Buktikan Wujud Peradaban Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 12:38 WIB
Gubernur Laiskodat dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa keberhasilan program food estate membuktikan bahwa akan terwujud peradaban...
DOK KEMENTAN

Mentan SYL Dorong Jeneponto Jadi Sentra Pertanian dan Peternakan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 12:32 WIB
Selain ternak, SYL mengatakan kementan akan memberi bantuan berupa pengembangan kebun kopi, perkebunan pisang, bibit kuda dan anakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya